HUT ke-35 Desa Kotamenara, Tetty Ingatkan Pesan Jokowi

minselmanadoterkini.com, AMURANG – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE yang diwakili Asisten I Pemkab Minsel Frangky Tangkere menghadiri Ibadah syukur HUT ke – 35 Desa Kotamenara Kecamatan Amurang Timur, Senin (11/3/2020).

Tangkere dalam sambutannya memaparkan, satu persatu keempat pesan dari Presiden Jokowi.

Keempat hal yang diamanakan presiden Joko Widodo meliputi, produk unggulan desa, pendirian dan pelaksanaan BUMDes, pembuatan embung untuk kerawanan karhutla dan pembangunan sarana olahraga desa.

Hal yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi desa, titik beratnya pada peningkatan daya beli masyarakat desa.

Bagian kedua ini karena, ditengarai adanya penurunan daya beli masyarakat desa, pak Presiden ingin dana-dana desa yang disalurkan oleh pusat harus dapat segera diserap masyarakat. Kita juga diingatkan untuk meningkatkan kembali pekerjaan padat karya di tengah masyarakat desa, sekaligus menghidupkan kembali gotong royong.

“Hal ini untuk menambah jumlah uang yang beredar di desa, jadi daya beli masyarakat desa kita ini juga meningkat,” tukasnya.

Saat ditanya mengenai pembangunan insfrastruktur, Tangkere mengatakan bahwa, pembangunan akan terus dilanjutkan secara bertahap dan terus menerus hingga tercapai keadaan yang diinginkan semua pihak.

“Soal pembangunan insfrastruktur, Bupati Minsel akan terus kita bangun agar ekonomi kita di desa juga semakin meningkat geliatnya,” tuturnya.

“Harapan Ibu Bupati, dengan usia 35 tahun ini tentu masyarakat dapatlah semakin bergotong royong untuk membangun desa. Bupati juga berharap bisa semakin mandirilah, jangan hanya berharap kepada pemerintah saja,” harapnya.

Dalam rangkaian seremoni sebuah kue tar sederhana disajikan sebagai simbol peringatan ulang tahun desa. Suara-suara riuh bahasa tontemboan yang dituturkan dengan dialek pegunungan melantun di kerumunan masyarakat Desa Kotamenara, salah satu desa yang 35 tahun silam menjadi lokasi bagi para pendatang.

Perpaduan hidup terjalin secara harmoni dalam kesederhanaan acara yang menampilkan berbagai atraksi dan tarian minahasa. Acara ibadah yang dipimpin oleh Ketua Remaja Sinode GMIM Pnt dr Michaela Elsiana Paruntu MARS (MEP).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Sulut James A Kojoingan, Kepala Dinas PMD Hendri Lumapow SH, Kepala Dinas Pertanian Franki Pasla SE MSi, Camat Amurang Timur Veky Sagay, Kumtua Desa Kotamenara Fendi Werupangkey, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan