Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Dana Pilkada Untuk KPU dan Bawaslu Minsel Tahap II Dicairkan

×

Dana Pilkada Untuk KPU dan Bawaslu Minsel Tahap II Dicairkan

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, AMURANG-Dana tahap II untuk pemilihan kepada daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2020 untuk 40 persen telah dicairkan. Dana bernilai miliaran tersebut telah dicairkan ke rekening Bawaslu dan KPU setempat.

“Untuk Tahap II ini Bawaslu mendapat kucuran dana total sebesar Rp 6,5 Miliar dan KPU sebesar Rp 16.050 Miliar,” kata Kepala BPKAD Minsel Melly Manus kepada manadoterkini.com pada Kamis (19/3/2020).

Sementara itu Bupati Minsel Christiany Eugenia Tetty Paruntu SE berharap dana yang diberikan dapat menunjang pekerjaan KPU dan Bawaslu. Sehingga proses demokrasi yang dilaksanakan tahun 2020 akan berjalan dengan baik.

Dia juga berharap koordinasi terus dilakukan. Karena dana itu hanya menjadi penunjang, namun koordinasi yang utama.

Apalagi kata dia, tahun 2020 kalau ada komunikasi maka semuanya akan berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Hal itu sesuai pengalaman pada pemilihan pilpres dan legislatif yang berjalan baik dan sukses.

“Padahal jumlah penduduknya banyak, jumlah TPS banyak tapi hal-hal yang krusial tidak terjadi di sini. Itu karena kolaborasi antara kita bersama yang sangat baik,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga mengatakan, dana itu untuk menyelenggarakan seluruh tahapan pemilu tahun 2020 yang akan dimulai tahun ini.

Dia mengatakan, berdasarkan PKPU No 15, tahapan pilkada dimulai 26 Oktober 2019.

“Seluruh tahapan kalau berdasarkan PKPU No15 itu selama 12 bulan sejak September 2019 hingga September 2020,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem menambahkan, pihaknya sudah melakukan rasionalisasi sebanyak tiga kali, sehingga bagi kami proses rasionalisasi ini kita lakukan bersama dan komprehensif bersama pemerintah daerah dan banggar, jadi dana yang disepakati saat ini yang menjadi keputusan bersama.

“Kami sudah jamin untuk pengawasan seluruh tahapan pemilu kepala daerah tahun 2020 nanti,” tandasnya.(dav)