Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Pertahankan Opini WTP, ROR-RD : Ini Dipersembahkan Untuk Rakyat Minahasa

×

Pertahankan Opini WTP, ROR-RD : Ini Dipersembahkan Untuk Rakyat Minahasa

Sebarkan artikel ini

Minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM (ROR-RD) kembali meraih prestasi di sektor pengelolaan keuangan.

Hal tersebut dibuktikan dengan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Pewakilan Sulut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Raihan WTP Kabupaten Minahasa yang diumumkan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulut Karyadi SE MM Ak, melalui melalui video conference Senin, (11/05) hari ini adalah yang ke 6 secara berturut.

Dengan demikian, opini WTP ini menambah deretan prestasi dan merupakan hal yang spesial bagi ROR-RD karena untuk pertama kalinya secara penuh dalam kepemimpinan mereka meraih WTP, meski ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Syukur kepada Tuhan, karena di tengah-tengah situasi pandemi COVID-19 ini, Kabupaten Minahasa boleh mempertahankan predikat WTP untuk ke-6 kalinya. Karena itu, saya mengajak semua komponen baik Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekda, seluruh jajaran, dan masyarakat Minahasa, untuk memanjatkan puji syukur atas tuntunan dan penyertaan Tuhan dalam penyelenggaraan Pemerintahan di tahun 2019, sehingga bisa meraih prestasi WTP atas pengelolaan keuangan Daerah,” kata Bupati ROR.

“WTP ini sepenuhnya berada dibawah kendali ROR-RD sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, yang tentunya berbeda dengan WTP yang diperoleh atas pengelolaan keuangan daerah tahun 2018, yang merupakan hasil dari tiga masa kepemimimpinan di Minahasa, yaitu dari Bupati periode sebelumnya, Penjabat Bupati dan diakhir tahun saya dan pak RD,” tambah ROR.

ROR kemudian menyampaikan bahwa, prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan sinergitas dari semua komponen bangsa yang ada di Minahasa. Karena itu, prestasi ini dipersembahkan untuk Rakyat Minahasa.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa pelaksanaan pemerintahan di Minahasa, khususnya pengelolaan keuangan, berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel,” jelasnya.

ROR-RD juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. Seluruh jajaran, Pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda serta semua elemen masyarakat Minahasa. Yang secara langsung maupun tidak langsung, telah ikut memberikan topangan dan dukungan, sehingga Kabupaten Minahasa mampu mempertahankan prestasi WTP dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Secara khusus tentu, saya sangat memberikan apresiasi dan terima kasih Kepada Kepala BPK Perwakilan Sulut, bapak Karyadi sebagai Penanggung Jawab tim, bapak Nurendro Adi Kusuma sebagai Wakil Penanggung Jawab, bapak Abdul Somad sebagai pengendali tekhnis, serta Ketua Tim bapak Rheinhard Lumban Batu, dan seluruh anggota Tim Auditor masing masing Yoan Trifyani Tandi, Ade Santoyo Prastomo, Indra Pramana Raharjo, Anugrah Alviontika Tana yang tidak henti hentinya memberikan bimbingan, arahan, petunjuk dan bahkan semangat kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk proaktif dan responsif dalam melengkapi semua dokumen pertanggung jawaban yang diminta tim,” ungkapnya.

Selanjutnya, kepada seluruh Perangkat Daerah, ROR berharap agar prestasi ini tidak membuat berpuas diri. Tetapi justru makin meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan agar lebih baik lagi kedepan.

“Semua catatan dan petunjuk Tim Auditor agar dilaksanakan dengan sebaik baiknya, termasuk tentu kedepan seluruh jajaran dimintakan agar makin disiplin, makin teliti, serta tetap mengedepankan aturan dan ketentuan yang berlaku sebagai fondasi bagi pengelolaan keuangan daerah,” pungkasnya.

Acara penyerahan penyerahan LHP LKPD TA 2019 ini sendiri juga dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, yang secara serentak pada seluruh Kabupaten/Kota se Sulut.

Turut hadir, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE , Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdakab Minahasa Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi, Inspektur Daerah Minahasa Ir Alva Montong, Kepala BPKAD Drs Hanes Wagey MBA, Sekretaris DPRD Drs Dolfie Kuron MBA dan Kabag Prokopim Maya Kainde SH MAP. (fis)