Minahasa Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Ditengah Situasi Darurat Bencana

Manadomanadoterkini.com, MINAHASA – Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri tentang menjaga ketahanan pangan nasional ditengah tanggap darurat bencana non alam Covid-19 mulai dari pusat sampai daerah, Kabupaten Minahasa telah membentuk tim khusus.

Tim khusus tersebut diberi nama Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan yang bertugas memastikan dan memonitor ketahanan pangan daerah secara harian. Mulai dari ketersediaan kebutuhan, kelancaran distribusi dan fluktuasi.

“Situasinya akan kami laporkan setiap hari kepada Bupati. Termasuk keadaan 11 bahan pangan pokok seperti, beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng. Nanti laporan kami akan dilaporkan oleh Bupati ke Provinsi dan berlanjut sampai ke pusat,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu selaku ketua tim Satgas Ketahanan Pangan.

Dirinya berharap semua elemen masyarakat untuk tetap dan selalu mematuhi himbauan- himbauan dari pemerintah. Seperti menerapkan pola hidup sehat, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak/menerapkan physical dan social distancing. Serta tidak perlu berpergian jika memang tidak dibutuhkan.

“Mari bersama-sama mensukseskan semua program pemerintah yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Kepatuhan dari masyarakat, kepatuhan dari petugas bisa mengantisipasi penyebaran dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Saya juga mengajak kita berdoa bersama agar Covid-19 segera berakhir dan kita dapat melaksanakan kegiatan seperti sediakala,” jelasnya.

Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Minahasa diketuai oleh Sekretaris Daerah yang beranggotakan Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Bappeda, Dinas Lerhubungan, Bulog serta unsur TNI/Polri. (fis)

Frits Muntu Satgas Ketahanan Pangan Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa

Posting Terkait

Tinggalkan pesan