Rekayasa Pasar Karombasan, Ini Penjelasan Walikota Manado

manadomanadoterkini.com, MANADO – Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) merilis rekayasa yang akan diberlakukan di Pasar Pinasungkulan Karombasan, Kota Manado. Tujuannya, untuk meminimalisir dan memutus penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Rencana pembatasan aktivitas pasar telah disampaikannya kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Manado.

“Mohon izin saya sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 Manado menginfokan langkah lanjut yang akan dilakukan di wilayah Kota Manado dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Walikota GSVL, Senin (25/05/2020) sore.

Selengkapnya ini rekayasa yang akan diberlakukan di Pasar Pinasungkulan, Karombasan:

 

  1. GIAT DI DALAM PASAR:

 

  1. Lebih dari 1000 penjual di dalam pasar dan semua penjual diberi nomor urut.
  2. Memindahkan sebagian penjual di dalam hanggar dan ditempatkan berjualan di jalan sesuai denah (gambar). Secara bergantian tiap hari berdasarkan nomor ganjil-genap. Tujuannya untuk jaga jarak.
  3. Tiap hari dilakukan penyemprotan disinfektan di lokasi pasar.
  4. Penjual dan petugas dari PD Pasar dilakukan rapid test. Kalau ada yang ditemukan reaktif maka tiddk diizinkan jualan.
  5. Pedagang yang kena rekayasa akan dibebaskan dari retribusi jualan. Dan sebagai kompensasi retribusi yang hilang dari PD Pasar akan disubsidi oleh Pemkot Manado ke PD Pasar.
  6. GIAT DI LUAR PASAR:

 

  1. Di pintu masuk pasar ditempatkan pos pemeriksaan suhu dan penggunaan masker dengan petugas terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, Satuan Pol-PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polisi, TNl (AD, AL, AU), PD Pasar.
  2. Kendaraan roda 2 dan 4 tidak diizinkan masuk ke dalam pasar.
  3. Jam operasional pasar jam 06.00 – 19.00 Wita.

Dikatakan Walikota GSVL, untuk rekayasa Pasar Pinasungkulan akan mulai berlaku Selasa (26/05/2020) besok. Dan rekayasa ini akan dilanjutkan di Pasar Bersehati Calaca dan Pasar Tuminting dengan waktu yang akan diinfokan kemudian.

“Demikian rencana yang akan dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Koita Manado. Mohon pendapat dan saran dari kawan-kawan Forkopimda Manado. Terima kasih, selamat bertugas dan sukses. Salam sehat,” ujar Walikota GSVL.(*/mlz)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan