Ketua Bawaslu RI Abhan Kunjungi Bawaslu Minut

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menerima Kunjungan dari Ketua Bawaslu RI Abhan SH MH, Selasa (11/10/2020).

Dalam Kunjungan tersebut Ketua Bawaslu RI Abhan didampingi Bawaslu Sulawesi Utara untuk memantau kesiapan Bawaslu Minut dalam menghadapi Pilkada 2020, sekaligus memberikan motivasi dan semangat kepada Panitia Pengawas Kecamatan Panwascam dalam mengawal proses demokrasi Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Minahasa Utara.

Pada kesempatan tersebut, Abhan mengapresiasi kinerja Panwascam dan Panwaslu Kelurahan/Desa yang sudah melakukan tugas pengawasan Pilkada dari tahapan awal sampai saat ini. Ia mengingatkan bahwa jajaran pengawas Kecamatan dan Kelurahan dan Desa adalah garda terdepan untuk menyukseskan pengawasan.

“Tugas pengawasan Pilkada tahun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dijalankan di tengah masa pandemi Covid-19. Untuk itu semua harus bekerja ekstra dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Abhan.

Ditambahkannya, Bawaslu, Panwascam hingga pengawas Kelurahan dan Desa harus tunjukan semangat kerja dan komitmen dalam tugas pengawasan di tengah tantangan Pilkada masa pandemi Covid-19, serta memberikan contoh kepada peserta pemilih dan masyarakat terkait tata cara prosedur semua tahapan dengan mengikuti protokol Covid-19 di setiap kerja pengawasan.

PKPU Nomor 13 tahun 2020 memberikan kewenangan kepada Bawaslu untuk menghentikan atau membubarkan kampanye kalau ada pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Untuk itu mari kita tegakkan regulasi protokol kesehatan, sebagai bentuk misi menyelamatkan manusia dari Covid-19,” tegasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy dalam sambutannya mengapreseasi dan menyampaikan terima kasih kepada ketua Bawaslu RI yang telah menyempatkan waktu untuk mengunjungi Minahasa Utara dan bertatap muka dengan jajaran pengawas. Arahan dan dan wejangan yang disampaikan tersebut akan dijalankan dengan baik.

“Arahan dan motivasi yang disampaikan ketua Bawaslu RI ini akan menjadi motivasi bagi kami dalam menjalankan tugas pengawasan dilapangan guna terwujudnya pemilihan kepala daerah yang berkualitas dan sesuai dengan aturan,” kata Awuy.

Sebelum menggelar tatap muka, ketua Bawaslu RI menyempatkan diri untuk melihat kondisi kantor sambil memasuki satu persatu ruangan di Bawaslu Minut. Dalam kunjungan tersebut, ketua Bawaslu RI turut didampingi Ketua dan Komisioner Bawaslu Provinsi Sulut.

(*/Pow)

Bawaslu Minut rahman ismail rocky ambar simon awuy

Posting Terkait

Tinggalkan pesan