Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Utara

Dihadapan Forkopimda Minut, KPU RI Tegaskan Protokoler Kesehatan di 9 Desember

×

Dihadapan Forkopimda Minut, KPU RI Tegaskan Protokoler Kesehatan di 9 Desember

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Tahapan Pemilihan Serentak menuju pada titik puncaknya, KPU Minut dalam hal ini mulai mengambil langkah strategis dan proaktif, yakni dengan menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan tahapan pemungutan dan penghitungan suara bertempat di Convention Hall Novotel Manado (3/11/2020).

“Dalam setiap tahapan kami selalu lakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait baik dari unsurstakeholder, Forkompimda, keamanan, dan penegak hukum. Apalagi dalam tahapan krusial seperti pungut hitung suara yang kondisinya di tengah Pandemik Covid-19 in,” Ketua KPU Minut Stella Runtu.

Lebih lanjut, Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey, dalam arahannya pada kesempatan tersebut menyatakan dukungan penuh setiap berjalannya tahapan pilkada 2020.

Komisioner KPU Minut Darul Halim, yang membidangi divisi teknis penyelenggara memandu jalannya rakor memaparkan bagaimana bentuk TPS Rawan yang menimbulkan masalah, seperti pada saat dan setelah pemungutan suara dilakukan, ada juga potensi menimbulkan risiko pemungutan suaranya tertunda, sebab surat suara atau logistik lainnya itu telat sampai ke TPS.

Sementara itu,Plt Ketua KPU R Ilham Saputra, didampingi anggota KPU Sulut Sulut Yessy Momongan dan Salman Saelangi, mengapresiasi kegiatan rakor yang dibuat oleh KPU Minut, menurutnya ini sebagai bentuk kesiapan penyelenggara dalam pelaksanaan tahapan pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 yang puncaknya pada 9 Desember 2020 nanti.

“Kami terus meyakinkan kepada publik bahwa penyelenggaraan pemilihan serentak, dijalankan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sementara pola-pola secara efisien juga dibuat oleh KPU dalam proses pungut hitung suara di TPS, dengan mendesain sebuah sistem atau aplikasi bernama Sirekap (Sistem Informasi Rekap) yang bisa digunakan oleh KPPS nanti pada saat bertugas.

(*/Pow)