Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Utara

KPU Minut Ikut Ujicoba Nasional SIREKAP

×

KPU Minut Ikut Ujicoba Nasional SIREKAP

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Setelah SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi) menjadi bahan diskusi di forum RDP, bersama KPU RI, Bawaslu RI, Kemendagri, Komisi terkait dan instansi terkait, juga menjadi bahan diskusi di beberapa forum pemerhati kepemiluan, kini SIREKAP di ujicobakan secara nasional.

KPU Minut sebagai salah satu satker mengikuti ujicoba tersebut, yang berlangsung selama 3 hari, 24-26 November 2020, di Manado.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Minut Darul Halim, yang menangani SIREKAP ini menuturkan, ujicoba ini bersifat berjenjang dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi.

“Makanya kami mengundang beberapa perwakilan PPK beserta KPPS nya, untuk mengikuti secara serius agar memahami mekanisme dan alur SIREKAP seperti apa,” ujar Halim.

Sementara itu, melalui zoom meeting, Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting yang juga membawahi Divisi Teknis Penyelenggara mengatakan, SIREKAP ini akan diujicobakan sampai mendekati hari H penyelenggaraan nanti.

“SIREKAP sebagai alat bantu yang mampu mempermudah proses penghitungan dari tingkat TPS dan rekapitulasi di tingkat kecamatan serta selanjutnya. Jika dalam ujicoba masih ditemukan kendala, peserta dimintakan membuat catatan DIM (Daftar Inventarisir Masalah),” jelas Evi.

Dan jika ini sukses digunakan di pemilihan tahun 2020, maka akan digunakan dalam pemilihan di tahun 2022, bahkan hingga pemilu nanti.

(*/Pow)