Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Bapelitbangda Manado Ikuti Webinar Kebijakan Pengelolaan DID TA 2021

×

Bapelitbangda Manado Ikuti Webinar Kebijakan Pengelolaan DID TA 2021

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO-Bapelitbangda Kota Manado, mengikuti Webinar Kebijakan Pengelolaan Dana Insentif Daerah (DID) Tahun Anggaran (TA) 2021, Rabu (11/11/2020).

DID merupakan penghargaan bagi Pemerintah Daerah yang telah melakukan perbaikan dan/atau pencapaian kinerja tertentu di bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar publik, dan/atau kesejahteraan masyarakat, maka Pemerintah Pusat memberikan DID.

Untuk DID TA 2021 terdapat beberapa perubahan  kebijakan. Oleh karena itu Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengadakan “Webinar Kebijakan Pengelolaan DID TA 2021” berdasarkan PMK 167/PMK.07/2020.

Untuk indikator dalam kategori kinerja terdapat beberapa indikator baru yakni Sistem Informasi Keuangan Daerah, Penurunan Angka Pengangguran, Pengendalian Inflasi Daerah dan Indeks Pencegahan Korupsi.

Dalam webinar itu juga dijelaskan mengenai sistematika perhitungan agar semua pemerintah daerah mengetahui bagaimana cara hingga dapat skor akhir yang akan menjadi penentu apakah daerah tersebut layak mendapat DID atau sebaliknya.

Tampil sebagai narasumber dalam webinar itu antara lain, Kasubdit Dana Insentif Daerah, Otsus dan Dais, Ditjen PK, Kemenkeu, Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas; Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik, Kemenpan-RB, Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian ingkungan Hidup dan Kehutanan; Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah, Kemendagri, Asisten Deputi Ekonomi Daerah dan Sektor Riil, Kemenko Bidang Perekonomian.(malz)