JG siap bawa Music Kolintang mendunia

manadomanadoterkini.com, AIRMADIDI – Musik Kolintang jangan hanya dikenal di Sulut dan Indobesia saja, tapi perlu mendunia, sebab belum tentu di daerah lain, ada. Demikian diungkapkan Joune J E Ganda SE (JG) usai dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Sulawesi Utara (Sulut), melalui Musda yang digelar di Kota Tomohon, Sabtu (30/01/2021).

JG yang juga Bupati Minahasa Utara terpilih mengakui sebagai Ketua DPD PINKAN Sulut, diakuinya tidaklah hal yang mudah.

“Saya mengajak semua pecinta budaya, mari kita semua menopang untuk tujuan membawa Musik Kolintang diakui dunia internasional dan disukai semua kalangan. Sebab, kalau bukan sekarang kapan lagi,” ujar JG.

Sebagai Bupati termuda pertama di Minut, dirinya harus membawa dan memperkenalkan Musik Kolintang yang merupakan warisan budaya dari Bumi Nyiur Melambai khususnya dari Tanah Tonsea untuk dikenal di mata dunia agar bisa diakui sampai ke mancanegara.

“Selama kita masih dipercaya, mengapa harus menolak tanggungjawab moril seperti ini,” ungkap JG.

Dikatakan Ketua DPD PINKAN Sulut ini, untuk kedepannya ada banyak program yang nanti akan dilakukan untuk mengembangkan kebudayaan musik kolintang ini.

“Mari kita bersama-sama ikut mengembangkan Musik Kolintang baik di tingkat nasional dan internasional. Jika kita sendiri suka dan konsisten mencintai salah satu unsur budaya bernilai luhur ini, niscaya akan mudah kita semua memperkenalkan Kolintang ke dunia luar sebagai hak mutlak kearifan lokal kita,” imbaunya.

Diketahui, Sebelumya juga Joune Ganda (JG) telah menjabat Wakil Ketua PDIP DPD Sulut dan beberapa jabatan ketua lainnya. Dan kemudian berpasangan dengan Kevin William Lotulung (JG-KWL) sebagai Bupati/Wabup Minut yang menang di Pilkada 9 Desember 2020. (*/tim)

JG Joune Ganda musik Kolintang

Posting Terkait

Tinggalkan pesan