Manado Kota Layak Anak, GSVL Dorong Inovasi DP3A

Manado

Sekda Mikler Lakat mewakili Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut membuka Rakortek Gugus Tugas Kota Layak Anak Dibuka, di Villa Gravilla, Malalayang Dua, Manado, Kamis (18/3/2021). (ist)

manadoterkini.com, MANADO – Setelah berpacu dengan Peraturan Daerah (Perda),  Pemkot Manado melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) seakan tak henti melakukan inovasi mewujudkan Kota Layak Anak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Micler Lakat, atas Wali Kota GS Vicky Lumentut mendorong Dinas yang pimpin Manado Esther Mamangkey, untuk mewujudkan harapan bahwa anak-anak di Manado diciptakan tidak hanya pandai dan berakhlak tetap juga ceria karena hak-haknya dilindungi.

“Anak merupakan potensi dan aset yang harus dipenuhi hak-haknya. Pihak yang paling bertanggung jawab dalam pemenuhan hak anak adalah keluarga, lingkungan sekitar serta pemerintah,” ujar Sekda Lakat saat menghadiri Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kota Layak Anak-1 (GT-KLA) yang digelar di Villa Gravilla Malalayang, Kamis (18/3/2021).

Lanjut Lakat, untuk mempercepat pencapaian pemenuhan hak-hak anak ini maka perlu dikembangkan yang namanya Kota Layak Anak.

“Salah satu tujuan Kota Layak Anak adalah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak secara maksimal dan benar sehingga kelak anak-anak akan menjadi sumbar daya manusia yang berkualitas tinggi,” terangnya.

Lebih jauh kata Sekda, pembangunan bangsa dan negara akan lebih efektif bila dimulai pada anak-anak, karena sifat mereka yang belum terkontaminasi nilai-nilai baru. Nantinya, akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan aktif beradaptasi.

“Kota Layak Anak merupakan cikal bakal atau embrio SDM yang unggul berkualitas,” ujar Lakat yang juga sempat menjabat Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak sebelum perubahan nomenklatur.

Dengan banyaknya manfaat positif dari terwujudnya Kota Layak Anak ini, Sekda Micler Lakat mengatakan Wali Kota sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai wadah strategis untuk menyatukan langkah serta meningkatkan sinergitas semua pihak terkait dalam upaya mewujudkan Manado Kota Layak Anak.

“Mari bersama kita tingkatkan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan peran serta tanggung jawab masing-masing untuk menampilkan lingkungan perkotaan yang layak anak,”ujar Sekda Micler Lakat.

Turut hadir dalam rakor tersebut Boas Wilar dari P2TP2A, Kepala Bapelitbangda Liny Tambajong, serta peserta dari seluruh perwakilan perangkat daerah dan utusan kecamatan se-Kota Manado. (aldi)

DP3A Manado Ester Mamangkey Kota Layak Anak Rakortek sekda manado

Posting Terkait

Tinggalkan pesan