Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanTomohon

Lagi, Tomohon Sabet Penghargaan Kota Sehat Kategori Tertinggi

×

Lagi, Tomohon Sabet Penghargaan Kota Sehat Kategori Tertinggi

Sebarkan artikel ini

tomohonmanadoterkini.com, TOMOHON – Prestasi dalam sektor kesehatan kembali diukir Pemerintah Kota Tomohon. Hal itu seiring penganugrahan penghargaan kota sehat kategori Swasti Saba Wistara (kategori tertinggi) yang diterima Wali Kota Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut secara daring di mall pelayanan publik pada Rabu (17/11/2021).

Usai menerima penghargaan, Senduk dan Lumentut kompak mengatakan bahwa penghargaan tersebut adalah untuk seluruh masyarakat Kota Tomohon.

“Kita patut berbangga, karena di Indonesia hanya 25 Kabupaten dan Kota yang mendapatkan penghargaan Kota Sehat didalamnya Kota Tomohon. Dan lebih lagi Kota Tomohon satu-satunya Kota di Sulawesi Utara yang mendapatkan penghargaan ini,” ujar Senduk didampingi Lumentut.

Lanjutnya, penghargaan ini adalah capaian yang luar biasa. Untuk itu apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Kota Tomohon yang selama ini senantiasa mendukung program kota sehat sehingga berjalan sukses dan mendapat penghargaan.

“Seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk bersama-sama berupaya menciptakan lingkungan sehat. Yakni dengan terus membangun kesadaran, keseriusan dari seluruh komponen masyarakat dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Serta ciptakanlah lingkungan sehat dengan meneladani dan saling memotivasi penerapan budaya hidup sehat dilingkungan masing-masing,” jelasnya.

Untuk diketahui, penyelenggaraan kota sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan kota sehat melalui pemberdayaan masyarakat melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten dan kota.

Kota sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintregrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penghargaan Kota Sehat yang telah diterima Pemkot Tomohon diawali tahun 2013 yang berhasil meraih penghargaan kategori Swasti Saba Padapa. Selanjutnya 2015 meraih Swasti Saba Wiwerda, pada tahun 2017 berhasil meraih Swasti Saba Wistara. 2019 kedua kalinya meraih Swasti Saba Wistara dan tahun 2021 ini ketiga kalinya kategori Swasti Saba Wistara diperoleh Pemkot Tomohon. (fzr)