Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Pemkab Minahasa Gelar Sosialisasi Pilhut di Langowan Barat

×

Pemkab Minahasa Gelar Sosialisasi Pilhut di Langowan Barat

Sebarkan artikel ini

Langowan baratmanadoterkini.com, LANGOWAN – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar sosialisasi Pemilihan Hukum Tua, (Pilhut) Tahun 2022 di Kecamatan Langowan Barat. Selasa, (15/3/2022) di Kantor dan Balai Desa Ampreng.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa, Jefrry Tangkulung, SH, MAP menyampaikan pelaksanaan Pilhut sudah masuk pada tahapan sosialisasi, dan tahapan ini akan dilaksanakan selama dua hari.

”Karena disituasi Covid-19 saat ini maka ada lima tim yang bergerak dalam rangka kegiatan sosialisasi, satu tim dapat melaksanakan kegiatan di dua tempat dalam satu hari dan dapat menjangkau sepuluh titik,” ungkap Tangkulung

Ia juga menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan suatu pemahaman kepada Panitia agar mengetahui persis proses pemilihan, krena permasalahan terjadi bukan karena hasil, melainkan sosialisasi yang kurang di lapangan.

Disamping itu, Lodewik H. I. Wenas, SH, Staf Khusus Bupati Minahasa kepada media ini menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali Panitia Pilhut supaya dapat melaksanakan aturan sehingga tidak dilangar dan juga, dalam melaksanakan tugas panita sudah memahami aturan aturan yang akan dilaksanakan.

”Maka dari itu agar suksesnya Pemilihan Hukum Tua, aturan aturan tersebut dapat di pelajari terlebih dahulu dan apabila aturan aturan tersebut sudah dipahami tentu proses pemilihan akan berjalan dengan baik. Kedepan panitia panitia ini akan mengatur dengan baik susana pemilihan hukum tua di desa, karena ujung tombak dari Pilhut tersebut adalah panitia,” jelas Wenas.

Wenas juga berharap agar seluruh Panitia Pilhut di Kabupaten Minahasa dapat menjaga Objektivitas, tetap netral dan bersikap sama kepada semua calon, karena setiap calon adalah warga desa.

Sosialosasi tersebut diikuti oleh Panitia Pilhut, BPD dan Hukum Tua di lima desa di Kecamatan Langowan Barat yang menggelar Pilhut.

Diantaranya, Desa Ampreng, Desa Tumaratas, Desa Noongan, Desa Noongan Dua, Desa Noongan Tiga dengan melakukan sesi tanya jawab terkait teknis pelaksanaan Pilhut.

Hadir dalam kesempatan ini Kasat Pol PP Kabupaten Minahasa, Meidy Rengkuan, SH, MAP. Camat Langowan Barat, Ir. Sisca Maseo, MAP, Kapolsek Langowan Barat, Iptu Tasman Mandak, Danramil Langowan, Pelda. Jhonny f. Runtuwene, Kabid PMD, Novia Tairas, MAP. Sekcam Langowan Barat, Stenly Kayuwatu, SH dan Jajaran. (win)