Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan Bisnis

Raup Laba Rp 144 Miliar, Momentum HUT ke-61 BSG Terus Pacu Digitalisasi Layanan Perbankan

×

Raup Laba Rp 144 Miliar, Momentum HUT ke-61 BSG Terus Pacu Digitalisasi Layanan Perbankan

Sebarkan artikel ini
Bank Sulut
Puncak HUT Bank SulutGo ke 61 di Graha Gubernuran, Selasa (7/6/2022)

manadoterkini.com, MANADO – Kinerja positif Torang Pe Bank untuk pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 melalui transformasi bisnis digital, menjadi kado special di HUT ke-61 PT Bank Sulut Gorontalo (Bank SulutGo atau BSG).

“Di tahun ke 61 ini BSG semakin berkembang dan berinovasi untuk melayani masyarakat Sulawesi Utara dan Gorontalo,” ujar Direktur Utama BSG, Revino Pepah usai acara puncak HUT ke-61 BSG di Graha Gubernuran Sulut, Bumi Beringin, Kota Manado, Selasa (07/06/2022).

Terkini, Bank yang baru genap 61 tahun pada 3 Juni 2022 itu membukukan laba bruto sebelum pajak Rp 144 miliar per triwulan I tahun 2022.

“Capaian ini berkat kerja keras seluruh jajaran, Komisaris, Direksi hingga seluruh karyawan,” kata Pepah usai

Sejalan dengan itu, di usia ke-61, BSG kini memiliki aset sebesar Rp 20 triliun.

“Kita bersyukur di masa sulit, pandemi dalam dua tahun terakhir masih bisa tumbuh dan menjalankan fungsi intermediasi perbankan,” kata Pepah.

Ia pun mengungkapkan, ke depan tantangan BSG tak mudah. BSG dituntut meningkatkan kualitas kreditnya.

Di mana, kredit produktif BSG mencapai Rp 1,3 triliun. Sementara NPL produktif melebihi ambang batas aman yang ditetapkan.

Sedangkan NPL kredit konsumtif, hanya 1 persen. Ke depan, kata Pepah, BSG tak bisa lagi bertumbuh pada kredit ASN yang selama ini menjadi captive market Torang pe Bank.

“Ke depan, model bisnis kita akan berubah. Tidak boleh konvensional, perlahan-lahan kita mulai tinggalkan,” jelasnya.

Terakhir, Pepah memastikan BSG siap menghadapi era digital. BSG sudah memulai dengan meluncurkan sejumlah produk digital seperti BSGtouch (mobile banking); BSGdebit hingga BSGdirect.

“Kita akan terus melakukan terobosan dan inovasi demi memenuhi kebutuhan nasabah di era digital,” jelasnya.

manado
Suasana pemasangan lilin di acara puncak HUT ke 61 Bank SulutGo di Graha Gubernuran, Selasa (7/6/2022).

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, yang diwakili Pj Sekprov Praseno Hadi mengatakan, Bank SulutGo diperhadapkan pada sejumlah tantangan yang harus mampu dilewati dengan profesionalisme dalam pengelolaan maupun kemampuan menggalang dukungan dari segenap pemegang saham dan stakeholders.

“Keterpaduan antara kompetisi di dunia perbankan dan kolaborasi dengan bank lain dalam core bussiness yang sama perlu dikedepankan guna semakin meningkatkan kinerja perusahaan,” ujar Sekprov.

Guna mendukung pemulihan ekonomi di daerah, maka kata Sekprov peran penting BSG dalam menjalankan fungsi intermediasi dalam perekonomian daerah, diharapkan maksimal serta dibarengi tekad untuk pengembangan digitalisasi, dan juga komitmen keberpihakan terhadap UMKM.

“Hambatan-hambatan bagi UMKM untuk memperoleh modal, harus semakin diminimalkan dengan membuka semakin besar akses bagi dunia usaha. Dengan demikian BSG akan semakin menancapkan diri sebagai Torang Pe Bank yang bermakna mampu menanamkan rasa memiliki masyarakat Sulawesi Utara dan Gorontalo,” terang Sekprov.

Dia berharap kedepan BSG harus menjadi pemimpin pasar dan pendukung perekonomian daerah. Menjadi bank regional yang tangguh dan berdaya saing tinggi serta berkontribusi signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah secara berkelanjutan.

“Aspek itu sangat realistik untuk dicapai mengingat semua prasyarat yang dibutuhkan agar menjadi terbaik sudah dimiliki oleh BSG,” ucapnya.

Sekprov mengatakan, eksistensi hingga melewati 61 tahun berkarya di tengah masyarakat menunjukan bahwa produk dan aktivitas BSG mendapat penerimaan yang baik.

“Kepada Direksi dan Dewan komisaris, saya mengharapkan mampu mempertahankan kepercayaan nasabah dan stakeholders. Selamat ulang tahun ke 61 Bank SulutGo, tetap menjadi bank terpercaya,” terangnya.

Ia berharap, di usia 61 tahun BSG tidak hanya menjadi bank local champion. Tidak hanya mendorong digitalisasi.

“Semoga BSG bisa go internasional. Itu harapan kita,” kata Hadi.

(***/tim)