MTQ XXIX Tahun 2022 Resmi Ditutup, Kafilah Kota Bitung Juara Umum

MTQ XXIX Tahun 2022 Resmi Ditutup, Kafilah Kota Bitung Juara Umum

mtqmanadoterkini.com, BITUNG – Acara pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 tingkat provinsi Sulawesi Utara yang berlangsung di Lapangan Stadion Dua Sudara Kota Bitung resmi ditutup, Minggu (19/6/2022) malam.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Dr. H. Praseno Hadi menutup secara resmi Perlombaan MTQ ke-29 yang digelar dari tanggal 13 hingga 19 Juni 2022.

Kesuksesan Kafilah Kota Bitung sebagai juara umum menambah kemeriahan pada closing ceremony atau penutupan MTQ ke-29 tersebut.

Dalam laporannya, Ketua Panitia MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sulawesi Utara Merianti Dumbela mengatakan dasar pelaksanaan MTQ di Kota Bitung sesuai dengan peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 15 tahun 2019 serta surat keputusan Gubernur nomor 317 tentang pengangkatan panitia pelaksanaan MTQ ke-29 Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022.

“Tujuan pelaksanaan MTQ ke-28 yang pertama adalah memelihara, mengembangkan, meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan dan penyebaran wawasan Alquran dan Al Hadits, yang kedua menjadikan Alquran dan Al Hadits sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama, untuk sumber anggaran penyelenggaraan MTQ berasal dari APBD Kota Bitung Tahun 2022,” ujar Merianti.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr. H. Praseno Hadi mengapresiasi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, jajaran pemerintahan Kota Bitung beserta panitia yang telah melaksanakan MTQ ke-29 dengan sukses dan gemilang.

“Selamat kepada Kota Bitung. Saya berikan apresiasi karena kafilah dari Kota Bitung mendapat juara umum dalam MTQ ke-29, mudah-mudahan tujuan Penyelenggaraan MTQ ini bisa tercapai secara optimal, para kafilah yang tergabung bisa menjadi pelopor atau agen perubahan kepada seluruh generasi muda untuk bersama-sama mempelajari dan mengamalkan Alquran,” ujarnya.

Dirinya juga berharap Sulawesi Utara sebagai “Laboratorium kerukunan beragama” dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sesuai dengan pesan wakil menteri agama Zainut Tauhid Sa’adi saat membuka penyelenggaraan MTQ ke-29 Senin lalu (13/6/2022).

“Kerukunan ini merupakan modal kita bersama dalam melaksanakan pembangunan demi tercapainya Sulawesi Utara yang maju dan sejahtera, tetap menjaga protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi,” tandasnya sembari mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT kegiatan MTQ ke-29 di kota Bitung tingkat provinsi Sulawesi Utara secara resmi saya nyatakan ditutup.

Selanjutnya, sambutan Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri yang diwakili Sekda Kota Bitung Rudy Teno mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut serta dalam menyukseskan MTQ ke-29.

“Terimakasih kepada kepada Wakil Menteri Agama, Gubernur Sulawesi Utara, kepala kantor wilayah agama Sulawesi Utara, ketua LPTQ Provinsi Sulawesi Utara, para Bupati dan Walikota seprovinsi Sulawesi Utara, Ketua dan anggota dewan hakim, kepala kantor KUA Kota Bitung, ketua BKSAUA kota Bitung, Ketua Ormas Kota Bitung, para imam LPPM dan ketua Jemaat pimpinan gereja sekota Bitung, para kepala perangkat daerah dan jajaran, Ketua dan anggota panitia pelaksana, seluruh masyarakat, jamaah dan Jemaat di Kota Bitung yang telah membantu baik moril maupun materiil demi menyukseskan MTQ ke-29. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa selalu menolong dalam setiap kerja dan karya dalam membangun Bangsa dan Negara,” ungkap Rudi Teno.

Selanjutnya, Sekda Kota Bitung yang baru dilantik tersebut menyampaikan selamat kepada Qori Dan qoriah yang mendapat peringkat dibidangnya masing-masing dan berpesan untuk terus meningkatkan prestasi serta usaha karena kedepan masih akan menghadapi MTQ tingkat Nasional.

“Kami sampaikan selamat kepada seluruh kafilah yang telah memberikan dukungan terbaik untuk berlomba, yang terpenting bukanlah menang atau kalah melainkan bagaimana proses untuk berjuang ditingkat MTQ ini, terus mengasah minat dan bakatnya dalam menggali Alquran, semoga pencapaian menjadi pintu rahmat dan nikmat yang akan meninggikan derajat saudara sebagai insan yang beriman, beramal dan berilmu,” tandas Rudi Teno.

Kegiatan MTQ ke-29 tahun 2022 ditutup dengan penyerahan piala bergilir Gubernur Sulawesi Utara oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Dr. H. Praseno Hadi kepada perwakilan juara umum kafilah Kota Bitung Udin Syamsudin. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tropy dan piagam kepada peserta lain yang menjuarai lomba sesuai dengan kategori masing-masing.
(Jorry).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.