Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa

Disaksikan Gubernur Olly, ROR Lantik 98 Kumtua

×

Disaksikan Gubernur Olly, ROR Lantik 98 Kumtua

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Sebanyak 98 Kumtua periode 2022-2028 dilantik Bupati Royke O Roring di Gedung Wale Ne Tou Minahasa pada Kamis (30/06/2022). Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey hadir dalam momentum tersebut.

Dikesempatan itu, Gubernur Olly menyampaikan selamat kepada para Kumtua terpilih yang dilantik. “Secara resmi, mulai hari ini para Kumtua yang sudah dilantik mengemban tugas yang mulia. Karena kepercayaan rakyat ada di pundak kalian,” ujar Olly.

Lanjutnya, Kumtua harus menjadi ujung tombak dalam mensukseskan program pemerintah. Seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan tentunya harus ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang pada sektor pertanian.

“Program ini juga dapat didorong supaya manfaat bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Minahasa. Karena kita ketahui bersama, ekonomi global saat ini, terjadi krisis pangan. Dan kita perlu bersyukur karena peran serta masyarakat Sulut dan Minahasa bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama menjalankan program ‘Mari Jo Ba Kobong’ sehingga krisis pangan masi bisa kita kendalikan,” kata OD, seraya mengingatkan kepada Kumtua supaya manfaatkan Dana Desa (Dandes) sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Royke Roring mengatakan bahwa tahun ini, Minahasa telah melaksanakan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) secara serentak di 98 desa.

“Pilhut ini dimaksud untuk mengisi secara definitif jabatan Kumtua yang telah berakhir masa periode kepemimpinan sampai dengan akhir tahun 2021 lalu. Hal ini juga sekaligus menjawab kerinduan masyarakat di desa untuk mempunyai sosok pemimpin yang dipilih secara demokratis,” kata Roring.

ROR menjelaskan bahwa Pilhut di Minahasa, sudah merupakan bagian dari proses demokrasi yang diwariskan oleh para tua-tua seluruh sub etnik Tanah Malesung.

“Karena itu, nuansa kearifan lokal termasuk didalamnya nafas semangat Mapalus sangat kental mewarnai tahapan Pilhut di Minahasa. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih pada semua pihak termasuk seluruh organisasi kemasyarakatan, bahkan seluruh masyarakat Minahasa yang telah bersama-sama berkomitmen menopang pembangunan dalam rangka mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan berbudaya, berdaulat, adil dan makmur,” pungkasnya. (fzr)