Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManadoPolitik

Antisipasi potensi kecurangan Pemilu-Pilkada 2024, BAHU NasDem Sulut up-grading advokatnya

×

Antisipasi potensi kecurangan Pemilu-Pilkada 2024, BAHU NasDem Sulut up-grading advokatnya

Sebarkan artikel ini
NasDem Sulut
Sekretaris DPW NasDem Sulut Vicky Lumentut

manadoterkini.com, MANADO – Partai NasDem Sulut nampaknya tak mau lagi dicurangi dalam perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan. Berbekal pemilu 2014 dan 2019 lalu, partai besutan Surya Paloh tak ingin kebobolan atas sejumlah pelanggaran yang terjadi di Pilpres, Pileg maupun Pilkada di 2024 mendatang.

Buktinya, lewat BAHU (Badan Advokasi dan Hukum) Partai NasDem saat ini terus merangsek semua pengurus NasDem di Sulut di semua tingkatan baik di DPW maupun di 15 DPD mensosialisasikan hasil Bimtek MK (Mahkamah Konstitusi) dalam mengantisipasi perselisihan hasil pemilu Pilpres, Pileg hingga Pilkada 2024.

Senin (3/4/2023), DPP BAHU NasDem bekerjasama DPW NasDem Sulut dan BAHU NasDem Sulut menggelar peningkatan kapasitas para advokat BAHU dan pengurus NasDem se-Sulut di Kantor DPW NasDem Sulut, kawasan Kairagi Kota Manado.

“Kegiatan ini menindaklanjuti Bimtek MK RI tentang perselisihan hasil pemilu di tahun 2024 nanti. Makanya kami berinisiatif menggelar kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas para advokat yang tergabung dalam BAHU NAsDem Sulut dan para pengurus di semua tingkatan,” jelas Wakil Ketua Umum DPP BAHU NasDem, Hermawi Taslim yang menjadi keynote speaker sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut.

nasdem sulutDia menjelaskan, kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya potensi pelanggaran pemilu yang dapat merugikan kehilangan suara dari Capres, Caleg dan para calon kepala daerah yang diusung Partai NasDem.

“Dari pengalaman sebelumnya, maka ini perlu adanya pengetahuan kesiapan NasDem menghadapi perhelatan politik pada 14 Februari dan 27 November 2024 nanti karena sebelum-sebelumnya kita banyak kehilangan suara,” tandas Taslim.

Ketua DPW NasDem Sulut, Victor Mailangkay menyatakan, kegiatan ini menandakan Partai NasDem telah siap mengawal proses penyelenggara pemilu 2024.

“Siap tentunya dengan cara mengetahui bagaimana proses pemungutan suara dan perhitungan suara serta cara mengantisipasi dan mengajukan keberatan ketika kita dirugikan dalam proses tersebut,” ujar wakil ketua DPRD Sulut ini.

Akan halnya sekretaris DPW NasDem Sulut, GS Vicky Lumentut berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas BAHU dan pengurus NasDem se-Sulut dalam mengantisipasi pelanggaran pemilu 2024 nanti.

“Agar partai NasDem benar-benar bisa mengawal pemilu yang sejujur-jujurnya, seadil-adilnya sesuai azas demokrasi negara kita Indonesia,” pungkas mantan Wali Kota Manado dua periode ini didampingi Ketua BAHU NasDem Sulut, Danny Rompas dan Sekretaris, Maureen Bungai. (*/ald)