Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

DPRD Manado Gelar Rapat Paripurna LKPJ Wali Kota Tahun Anggaran 2022

×

DPRD Manado Gelar Rapat Paripurna LKPJ Wali Kota Tahun Anggaran 2022

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – DPRD Kota Manado menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Manado Tahun Anggaran 2022, Selasa (11/4/2023) kemarin.

Rapat ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan persetujuan bersama penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Manado Tahun 2023-2043, dan penetapan perubahan Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

manadoRapat yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kota Manado, Jln Pemuda Sario, dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Manado Aaltje Dondokambey, dan dihadiri Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang.

Sebelum agenda utama digelar, sebelumnya dibacakan surat-surat masuk oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Heri Saptono. Selanjutnya rapat dilanjutkan dengan dipimpin Ketua DPRD.

manadoPada kesempatan itu, Wali Kota Andrei Angouw dalam penyampaian LKPJ 2022 memaparkan berbagai program termasuk penganggarannya seperti kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi, pendapat perkapita, dan generatio.

Selanjutnya disampaikan soal realisasi APBD 2022 yang sementara diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yakni pendapatan dengan target Rp1,66 Triliun, sementara yang dicapai Rp1,55 Triliun.

manadoKemudian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dicapai Rp357 Miliar, Pajak Daerah Rp318 Miliar, Pendapatan Retribusi Rp18,7 Miliar, Transfer Rp1,127 Triliun, Belanja Pendapatan Lainnya yang Sah Rp53 Miliar.

Selanjutnya Belanja Daerah Rp1,69 Triliun, Belanja Operasional Rp1,208 Triliun, Belanja Modal Rp884 Miliar, Belanja Tidak Terduga Rp5,52 Miliar, dan Pembiayaan Daerah Rp266,8 Miliar.

“Ini merupakan gambaran besar LKPJ tahun 2022. Kami minta untuk dibahas anggota DPRD,” ujar Wali Kota Andrei Angouw.

Terkait Ranperda RTRW, menurut Wali Kota sudah mendapat persetujuan Kementerian ATR dan nantinya akan mendapat persetujuan Gubernur Sulut.

“Harus ada kepastian hukum supaya dapat meningkatkan investasi di Kota Manado sehingga nantinya akan mensejahterakan masyarakat,” katanya.

manadoAdapun Ketua DPRD mengatakan bahwa semua dokumen sehubungan dengan LKPJ Wali Kota Manado Tahun Anggaran 2022 dan Ranperda RTRW Manado 2023-2042 sudah diserahkan kepada semua fraksi.

Hadir juga dalam rapat ini antara lain para pimpinan dan anggota DPRD, Sekda Micler CS Lakat, Forkopimda, dan sejumlah pejabat Pemkot Manado.

 

(Advertorial/SekretariatDPRDManado)