Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan Religi

Gubernur Lemhannas Beri Kuliah Umum Dihadapan Mahasiswa Unsrat

×

Gubernur Lemhannas Beri Kuliah Umum Dihadapan Mahasiswa Unsrat

Sebarkan artikel ini

unsratmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, Andi Widjajanto SSos MSc PhD, memberikan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (6/6/2023).

Kunjungan Andi Widjajanto ke Unsrat yang sekaligus memberikan kuliah umum tentang “Kompetisi Hegemoni, Pancasila dan Indonesia”.

Menurut Rektor Prof Berty Sompie, merupakan suatu kehormatan bagi civitas Unsrat Manado.

Selanjutnya Rektor Unsrat menganggap kuliah umum ini sebagai bentuk konkret kontribusi yang sangat berharga dari Gubernur Lemhanas kepada Unsrat.

Dalam sambutan Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU, berterima kasih setinggi-tingginya atas kunjungan Gubernur Lemhanas.

“Ini merupakan kontribusi konkret dalam memperkaya wawasan kebangsaan kita, seperti Filosofi Dr Sam Ratulangi, “Si Tou Timou Tumou Tou” juga menjadi salah pokok penting kontribusi terhadap awasan kebangsaan,” ungkapnya.

Di satu sisi, kuliah umum Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto, dengan topik “Kompetisi Hegemoni, Pancasila dan Indonesia”, menekankan Lanskap Geopolitik Indonesia menghadapi kekuatan bertahan Amerika Serikat di utara dan kekuatan ekspansif Cina di selatan.

Menurutnya, Indonesia harus memiliki kemampuan sendiri, yaitu tidak berpihak ke utara maupun ke selatan.

“Menghadapi berbagai tantangan global Indonesia mengembangkan Geopolitik berbasis Pancasila. Indonesia bukan negara agama, bukan negara ateis dan juga bukan negara sekuler,” tuturnya.

Adapun kata dia, masa depan Indonesia menjadi negara maju dan besar, antara lain ditentukan bagaimana membangun kualitas demokrasi yang menjamin hak asasi manusia dan toleransi beragama.

“Dengan kata lain harus memperkokoh serta mengimplementasi Pancasila sebagai Dasar Negara,” katanya. (*/Rizath)