Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususManado

Liputan Khusus Pameran Alutsista di Manado

×

Liputan Khusus Pameran Alutsista di Manado

Sebarkan artikel ini

Walikota Bangga Manado Jadi Tuan Rumah Pameran Alutsista

GSVL dan Pangdam Enjoy di Atas Kendaraan Perang TNI

RIBUAN pasang mata terkosentrasi di Kawasan Megamas sejak tadi pagi hingga siang hari ini (Rabu 21/1). Betapa tidak, di lapangan pusat perbelanjaan bersebelahan dengan Teluk Manado itu berjejer sejumlah peralatan perang milik TNI. Yah, tadi pagi pukul 09.00 Wita, pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) milik TNI tersebut resmi dibuka oleh Pangdam VII/Wirabuan, Mayjen TNI Bachtiar, SIP, MAP.

alutsista alutsista12

Pembukaan pameran itu disaksikan Wagub Djouhari Kansil bersama jajaran Pemprov Sulut, Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangindaan, unsur Muspida, para pelajar serta sejumlah elemen. “Pameran Alutsista ini perintah pimpinan tertinggi kami. Jadi ada beberapa daerah yang dipusatkan. Untuk provinsi di Indonesia Timur harusnya Makassar, tapi ternyata di pusatkan di Sulut. Kita harus berbangga Manado sebagai ibukota provinsi dipercayakan tuan rumah. Tepuk tangan dulu,’’ kata Bachtiar disambut apluas undangan yang hadir.

Jenderal bintang dua ini juga mengakui, putra-putri Sulut banyak yang menjadi TNI. Terutama di wilayah Miangas dan Marore. “Meraka rata-rata banyak yang jadi TNI Angkatan Laut. Hebat yah. Nantinya di Bolmomg itu akan dipersiapkan Korem,’’ jelas perwira lulusan Akademi Militer 1980 ini.

alutsista manado

Dua hari sampai besok pameran Alutsista ini terbuka untuk umuum. Warga Sulut bebas melihat-lihat sambil mengabadikan foto di peralatan perang milik TNI ini. “Pameran ini salah satu bentuk kedekatan TNI dengan masyarakat. Perlatan pertahanan dimiliki Indonesia saat ini tak kalah canggihnya dengan Negara lain. Anda boleh melihat-lihat dari dekat.’’ ajak perwira yang berpengalaman di bidang Infanteri ini sambil menyebutkan beberapa peralatan perang canggih milik TNI yang dipamerkan.

Diantaranya 1 unit Kendaraan Komodo, 1 unit D max, 1 unit Paksi, 1 unit Casspir, 2 unit MRCV milik Kopassus, kemudian Brigif 1/PIK 2 unit Anoa. Yonarmed 8 Kostrad, 2 unit Meriam 105 mm /KH 178 tambah 1 unit kendaraan penarik, juga Yonkav 8 Kostrad 2 unit Scorpion. Ada juga KikavserDam V/Brw 1 unit Tarantula. “Dua Unit Panser Amphibi jenis Anoa yang tangguh di laut serta kokoh di darat. Silakan dilihat-lihat, gratis tidak dipunggut biasaya,’’ ujarnya.

Usai pembukaan, Wali Kota Vicky Lumentut, Wagub Djouhari Kansil serta Wawali Harley Mangindaan diajak Pangdam Mayjen Bachtiar menikmati kecanggihan kendaraan perang jenis Panser milik TNI AD. Mobil perang itu meluncur mengitari ruas jalan Samrat, depan Korem 131 Santiago.(***)

GSVL: Semoga Bisa Merangsang Generasi Muda Jadi TNI

manado
Walikota GSVL saat berada di salah satu stand pemeran

PAMERAN Alutsista TNI Angkatan Darat (AD) di Kota Manado mendapat respon positif Pemkot Manado. Walikota GS Vicky Lumentut mengatakan pameran Alutsista sangat baik untuk menambah wawasan dan pengetahuan warga Manado terkait peralatan tempur yang dimiliki aparat TNI.

“Ini kegiatan sangat baik khususnya bagi masyarakat Kota Manado. Masyarakat tentunya semakin mengetahui seberapa besar kekuatan militer dimiliki tentara kita,”ujar GSVL, sapaan akrab Walikota.

alutsista

Peralatan perang canggih milik TNI yang dipamerkan. 1 unit Kendaraan Komodo, 1 unit D max, 1 unit Paksi, 1 unit Casspir, 2 unit MRCV milik Kopassus, kemudian Brigif 1/PIK 2 unit Anoa. Yonarmed 8 Kostrad, 2 unit Meriam 105 mm /KH 178 tambah 1 unit kendaraan penarik, juga Yonkav 8 Kostrad 2 unit Scorpion. Ada juga KikavserDam V/Brw 1 unit Tarantula. Dua Unit Panser Amphibi jenis Anoa yang tangguh di laut serta kokoh di darat.(***)

Ribuan Siswa Padati Pameran Alutsista TNI AD di Manado

PAMARENA Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dilaksanakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) di kawasan lapangan megamas, Rabu (21/1) dipadati siswa-siswi SD, SMP dan SMA se-Kota Manado.

Kota Manado menjadi tempat ketiga pelaksanaan pameran Alutsista setelah Ambon dan Jayapura. Menariknya, tak hanya para siswa yang tertarik melihat persenjaan TNI tapi juga masyarakat pada umumnya. Pasalnya, kegiatan ini merupakan yang pertama di Kota Manado.

alutsista alutsista

Walikota Manado, DR Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL), sangat mendukung dan menyambut baik akan pelaksanaan kegiatan ini. Untuk itu pihaknya mengintruksikan kepada Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Manado, agar menghadirkan para anak-anak sekolah untuk ikut menyaksikan kegiatan pameran yang bisa menambah wawasan mereka.

alutsista“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini, apalagi bagi para pelajar agar bisa menambah wawasan mereka. Untuk itu saya mengerahkan siswa untuk bisa hadir dalam pameran ini. Saya berharap para siswa bisa tertarik dengan kegiatan ini sehingga bisa mendorong mereka untuk mau terlibat masuk dan mengabdi menjadi TNI,” kata Walikota.

Sementara itu seorang siswi SMA Linda Kumendong sangat senang dengan kegiatan Pameran Alutsista tersebut, karena mereka bisa mengetahui peralatan dan mobil yang digunakan oleh TNI, untuk menjaga pertahanan dan keamanan di Tanah Air Indonesia. ”Pameran yang dilaksanakan oleh TNI AD ini sangat baik, karena bisa memberikan wawasan kepada kami dan bisa mengetahui semua nama alat-alat dan mobil perang yang dimiliki oleh TNI. Dengan satu, torang boleh mo ban arsis di oto-oto perang TNI, tempo apa lagi me beking ulang pemaran ini di Manado,”ujar Linda sambil tertawa dengan beberapa temannya.(***)