Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Rayakan Paristiwa Merah Putih dan Valentine Day, Seharian GSVL Bersama Rakyat

×

Rayakan Paristiwa Merah Putih dan Valentine Day, Seharian GSVL Bersama Rakyat

Sebarkan artikel ini

Pimpin Upacara di TMP, Bersama Danrem 131 Tabur Bunga di TMP Kairagi

manado
Peringatan peristiwa merah Putih di TMP Kairagi
manado
Walikota GSVL dan Danrem tabur bunga di TMP Kairagi

SEMANGAT juang para pemuda Sulawesi Utara pada peristiwa Merah Putih 1946 ternyata masih terus terasa dalam sanubari seorang Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut. Tak heran, saat pimpin upacara mengenang peristiwa herioik tersebut di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Sabtu (14/2) pagi, GSVL, sapaan akrab Wali Kota berkobar-berkobar memberi semangat kepada para generasi muda di Bumi Nyiur Melambai ini untuk terus mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur saat peristiwa merah putih itu untuk merebut NKRI dari tangan penjajah.

manado
tabur bunga Walikota GSVL dan Danrem di TMP Kairagi
manado
Peringatan Paristiwa Merah Putih di TMP Kairagi

“Generasi muda harus bisa terus mengenang dan pelihara Peristiwa Merah Putih di Daerah Nyiur Melambai, Sulut. Karena kita tidak ada saat ini jika tidak ada para pelaku sejarah itu yang telah mengorbankan jiwa dan raganya.” tegas GSVL membakar jiwa juang anak muda sebagai penerus bangsa saat ini.

Dalam kegiatan ziarah ke TMP itu juga, GSVL bersama Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Binarko Sugihanto dan muspida serta pejabat yang hadir mengikuti upacara tersebut ikut menabur bunga di sejumlah makam para pahlawan. “Mari torang tidak lupa dengan jasa para Pahlawan kita,’’ ajak GSVL. (***)

GSVL dan First Lady Manado Berbagi Kasih di Hari Valentine Bersama Pelajar dan Guru

SUASANA SMA Negeri 1 Manado benar-benar terlihat lain dari hari biasanya. Tampak Wali Kota GS Vicky Lumentut dan First Lady Julyeta Paula Lumentut-Runtuwene telihat akrab dengan ratusan pelajar di situ dan sejumlah guru. Suasana keakraban begitu kental. Itulah pemandangan saat Valentine Day 14 Februari di salah satu sekolah unggulan warga Manado tersebut.

GSVL dan sang istri yang juga Ketua TP PKK Manado ini benar-benar memanfaatkan momentum hari kasih sayang untuk bernostalgia bersama guru-guru dan para siswa SMA 1 Manado serya mengingatka kepada para siswa untuk bisa melakukan pengendalian diri agar nanti tidak terjerumus dalam hal-hal yang cenderung negatif.

manado
Walikota GS Vicky Lumentut dihadapan para siswa dan Guru SMA 1 Manado
manado
Walikota GSVL dan First Lady

“Saya mengingatkan kepada para siswa untuk mempu melakukan pengendalikan diri terutama hal-hal yang bisa merusak masa depan.Saya meminta dan mengajak kepada para siswa untuk mengendalikan diri dan jangan sampai terjerumus pada pergaulan bebas yang bisa merusak masa depan,” ungkap Lumentut.

“Selamat hari valentine day. Khususnya para generasi muda atau siswa jangan berlebihan memaknai momentum hari kasih sayang ini,” himbau lumentut.

Selfie ria Walikota di SMA1 Valentine Day di SMA1

Menurutnya, momentum ini dimaknai jangan terlalu berlebihan, untuk batas-batas pergaulan, karena masih tergolong siswa. “Kalianlah generasi muda adalah penerus untuk membangun kota Manado dan bangsa ini. Karena itu dia meminta bergaul dengan wajar dan jangan terjerumus pada hal-hal negative,’’ katanya yang kemudian bersama istri didaulat membawakan tembang kenangan. Keduanya terlihat romantis saat membagi-bagikan cokelat sebagai symbol di Hari Kasih Sayang. (***)

Warisi Semangat Wolter Mongisidi, GSVL Patenkan Festival Seni Budaya Bantik Iven Tahunan Pemkot

KEPEDULIAN yang besar dari Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) pada warganya merupakan suatu hal yang patut dicontohi. Pada Sabtu (14/2) siang, GSVL membuka secara langsung Festival Seni Budaya Bantik 2015 dan Peringatan 66 Tahun Gugurnya Pahlawan Nasional asal Bantik Robert Wolter Mongisidi, yang dipusatkan di Aula Kelurahan Malalayang Satu Kecamatan Malalayang. Warga Bantik pun salut dengan kehadiran Walikota GSVL. Dibukanya kegiatan pada 14 Februari ini bertepatan dengan tanggal lahir Pahlawan Nasional Bantik, Robert Wolter Mongisidi.

manado
Festival budaya bantik dibuka Walikota GSVL
manado
Grand Opening Festival Budaya Bantik dibuka Walikota GS Vicky Lumentut

Di hadapan warga Batik, GSVL menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Orang nomor satu di ibukota Sulut ini mengungkapkan sosok Robert Wolter Mongisidi yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia patut diwarisi semangatnya. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mengenang jasa para pahlawannya. Mari kita isi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan kusuma bangsa. Selamat melestarikan nilai-nilai budaya, sebagai aset kejayaan di Manado,” ujar GSVL yang disambut aplaus ratusan warga Banti yang hadir.

manado
Walikota GS Vicky Lumentut bersama tokoh adat bantik

Walikota GSVL merespon dan mendukung penuh agenda ini, karena festival Bantik ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memelihara jati diri dan kearifan lokal. “Festival Bantik ini menambah kekayaan budaya kita dan menunjang pariwisata kita. Karena itu, saya minta pertahankan terus semangat dan jati diri Bantik ini. Semoga juga juga menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Manado,” ujar GSVL.

Di satu sisi, Walikota visioner ini berharap semangat Bote—panggilan akrab Robert Wolter Mongisidi—akan diwarisi generasi muda untuk pembangunan Manado yang lebih baik. “Semangat Bote yakni ‘setia hingga terakhir dalam keyakinan’, harus terus terpatrih. Maka kita yang ada saat ini, merupakan penerus semangat Bote baik itu datang dari bidang hidup profesi, dan kapabilitas yang dimiliki di manapun kita berada,” ajak GSVL. (***)

Buka Liga Pelajar Putaran ke-5, GSVL: Mari Bertanding dengan Sportifitas Tinggi

liga pelajar
Walikota GSVL buka liga pelajar

SEAKAN tak pernah capek, memperingati Peristiwa Merah Putih bersamaan dengan Valentine Day, 14 Februari (Sabtu pecan lalu), Wali Kota GS Vicky Lumentut seharian terus bersama warganya dalam berbagai agenda. Sejak pagi ziarah ke TMP Kairagi, berbagi kasih saying bersama pelajar dan para guru di SMA Negeri I Manado hingga diundang membuka pencanangan Festival Seni Budaya Bantik bersamaan 66 tahun gugurnya pahlawan nasional berdara Bantik, Wolter Mongisidi.

Sore hari membuka pertandingan Liga Pelajar Putaran Ke-4 tahun ketiga di kawasan Taman Berkat Boulevard Kota Manado. “Dari sini saya akan ke Pandu diundang menghadiri acara adat Tulude disana,’’ kata GSVL, sapaan Wali Kota usai membuka Liga Pelajar Putaran ke-5 yang mempertandingkan 10 cabang olah raga.

Dalam dalam kegiatan yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga bersama Dinas Pendidikan Kota Manado turut dihadiri Ketua KONI Henky Kawalo dan Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone.

liga pelajarDalam sambutannya di hadapan sejumlah guru, ratusan pelajar yang ikut dihadiri para orang tua siswa, GSVL, sapaan akrab Wali Kota meminta semua pihak mendukung kegiatan liga pelajar ini. “Sengaja kegiatannya di buka disini (Taman Berkat). Agar supaya anak-anak kita kelak bisa menjadi berkat untuk Kota Manado, terlebih Sulut melalui cabang-abang olahraga yang mereka tekuni,’’ kata GSVL.

Untuk itu kedepan, orang nomor satu di Kota Manado ini juga meminta DPRD Kota Manado mendukung kegiatan positif untuk olahraga di Kota Manado. “Yah, kebetulan ibu ketua DPRD Manado hadir. Seperti permintaan Ketua KONI tadi agar olahraga terus mendapat perhatian, Pemkot akan terus mendukung. Kalau boleh DPRD juga,’’ pungkas GSVL sembari berpesan, agar para peserta Liga Pelajar ini semangat bertanding dengan sportifitas tinggi. “Selamat bertanding yah dengan menjunjung sportifitas yang tinggi. Kalah menang itu biasa. Intinya bagaimana kita berani tampil dengan percaya diri,’’ kata GSVL. (lipsus)