Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Kyara Mocodompis Juara Lomba Bercerita Siswa SD/Mi Kota Manado

×

Kyara Mocodompis Juara Lomba Bercerita Siswa SD/Mi Kota Manado

Sebarkan artikel ini

Rangkaian Kegiatan Menyambut HUT ke – 392

Kyara
Asisten III foto bersama pemenang lomba

MANADO, (manadoterkini.com) – Kyara Mocodompis menjadi juara lomba bercerita bagi Siswa SD/Mi tingkat Kota Manado, yang digelar Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemkot Manado. Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kota Manado ke-392, dilaksanakan di ruang Toar Lumimuut, Selasa (26/5).

Assisten Tiga Kota Manado Dra.Henny Giroth dalam arahannya mengatakan kegiatan ini wujud kepedulian terhadap pendidikan anak sekaligus menumbuhkan minat baca dan memunculkan kepedulian pelajar dalam mengenal cerita daerah yang dapat di pedomani dalam kehidupan sehari hari. “Membentuk karakter berdasarkan kultural serta melestarikan budaya daerah melalui bercerita dan mengasah kepercayaan diri pelajar,”ujar Giroth.

Sementara itu Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Manado Jeane Purukan menyampaikan keprihatinannya terhadap berkurangnya pola pendidikan anak di sekolah terutama di rumah melalui bercerita. ”Sekarang lebih banyak pendidikan di dapatkan anak melalui media televisi yang kurang pas dengan perkembangan anak karena mengangkat tema yang terkadang bertolak belakang dengan kenyataan dan cenderung negatif,”ujar Purukan.

bersama Papa
Kyara Mocodompis

Sementara itu yang menjadi kriteria penilaian lomba menurut salah seorang juri Oni sapaan akrabnya mengatakan, penguasaan materi cerita yang komunikatif, percaya diri peserta, memanfaatkan bahasa verbal dan non verbal, kemudian teknik bertutur dengan intonasi, artikulasi dan warna suara yang baik. “Kemudian kreativitas dalam mengolah penyampaiaan cerita. Adalah hal yang harus diperhatikan oleh para peserta,”ungkapnya.

Pemenang dari lomba bacerita ini yaitu Kyara Mocodompis akan diikutkan dalam lomba bercerita tingkat propinsi. Kyara yang juga putri sulung dari dua bersaudara Kabag Humas Kota Manado Franky Mocodompis mengatakan sangat senang karena bisa memperoleh juara pertama. “Karena sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari berbekal pengalaman mengikuti lomba yang serupa pada tahun lalu,dan materi yang dibawakannya juga sudah dilatihnya,”tandas Mocodompis.(ald)

Hasil selengkapnya lomba bercerita tingkat sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kota Manado adalah.

Juara 1.Kyara Mocodompis dari SD Kristen Eben Heazer 2

Juara 2. Jenifer Laluyan dari SD Katholik Don Bosco

Juara 3. Joyseillin Rachola Pioh dari SD GMIM 23

Juara Harapan 1. Rivo Rumambi dari SD GMIM 54

Juara Harapan 2. Intan Falencia dari SD Katholik 16

Juara Harapan 3 .Virgi Erani Liusanda dari SD Advent 6 kairagi.