Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Walikota Bandung Siap Berbagi Untuk Manado Menuju Kota Cerdas

×

Walikota Bandung Siap Berbagi Untuk Manado Menuju Kota Cerdas

Sebarkan artikel ini

GSVL percayakan Ai hadiri Festival TIK 2015 di Kota Bandung       

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil memaparkan Bandung kota smart city

BANDUNG, (manadoterkini.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah melakukan kunjungan kerja di Manado selama dua hari, yakni Rabu (27/5) malam hingga Kamis (28/5) malam. Bertepatan dengan kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut, maka di Bandung digelar Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2015, yang tujuannya membahas soal konsep Smart City atau Kota Cerdas.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) harus tetap berada di Manado mengawal Presiden Jokowi, sehingga dirinya mempercayakan Wawali Harley Mangindaan (Ai) untuk menghadiri kegiatan tersebut di Bandung bersama dengan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Yohanis Waworuntu.

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan Bandung merupakan salah satu kota yang sedang fokus dalam pengembangan smart city. Menurutnya, saat ini Kota Bandung sedang melakukan berbagai update infrastruktur TIK untuk mendukung bebagai kebutuhan manajemen internal pemerintahan dan layanan publik untuk masyarakat.

“Perlahan kami mencoba untuk mengimplementasikan smart city misalnya menyediakan berbagai titik-titik Internet dengan wi-fi di berbagai tempat, serta mengembangkan berbagai aplikasi salah satunya e-kelurahan dan e-puskesmas untuk layanan kepada masyarakat mengembangkan Bandung Teknopolis yang didesain serupa dengan Sillicon Valley.

dimana pada daerah tersebut akan menjadi sebuah pusat industri berbasis hingga mengembangkan sebuah control room dimana berbagai kinerja setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Bandung dipantau secara digital.

Akan keunggulan Bandung itu, Kamil didepan Menteri Komunikasi dan Informatika dan perserta Festival TIK 2015 Bandung di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Kamis 28 Mei 2015 menyatakan siap bantu dan berbagi TIK dengan kota lain termasuk Kota Manado. “Jika Manado melihat Bandung ada keunggulan soal TIK kami siap berbagi. Begitu juga sebaliknya,” kata Walikota Bandung.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, mengakui Kota Bandung ditunjuk oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Teknologi Informasi (TIK). Festival untuk yang ke-empat dinilai telah sukses menyelenggarakan KAA dan Smart City Summit. Manado dengan TIK juga bisa langsung mengakses jumlah kerugian dan kebutuhan apa pasca bencana lalu.

Konsep Smart City bertumpu pada pemanfaatan TIK dalam pengelolaan kota yang sebenarnya berdasar pada konsep sensing (mendeteksi), understanding (memahami), dan acting (melakukan aksi). Pertanyaannya tinggal bagaimana memanfaatkan TIK tersebut agar cocok dengan kebutuhan kota masing-masing. Dan yang penting bagaimana SDM-nya bisa mendukung TIK. Sehubungan Kota Manado adalah tuan rumah tahun 2014 lalu. Diketahui festival TIK Bandung dihadiri perwakilan dari 33 provinsi dan 429 kabupaten/kota se-Indonesia. Serta ada 20 stand yang akan memamerkan inovasi baru karya anak bangsa.

(tim)