Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitung

Wujudkan KEK, Sarundajang Pimpin Langsung Rapat Pemantapan

×

Wujudkan KEK, Sarundajang Pimpin Langsung Rapat Pemantapan

Sebarkan artikel ini

sarundajangBITUNG, (manadoterini.com) – Gubernur Sulawesi Utara Dr. S.H Sarundajang yang juga selaku Ketua Dewan KEK Provinsi Sulut, Sabtu (30/5) memimpin rapat pemantapan guna mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Minut-Bitung. Rapat yang diadakan di rudis Walikota Bitung dihadiri jajaran Pemprov Sulut dan Pemprov Bitung.

Dalam rapat tersebut, Sarundajang bersama Walikota Bitung Hanny Sondakh serta tim kerja KEK yakni sejumlah pejabat Provinsi Sulut dan Pejabat Pemkot Bitung mengadakan pembahasan tentang percepatan serta berbagai kesiapan dan persyaratan tentang pembangunan KEK, mulai dari segi Luas Area, reklamanasi dan kedalaman laut serta pembebasan lahan, pasokan listrik dan sebagainya.

“Kedepan ada tim nasional KEK dan investor yang akan berkunjung, saya minta tim kerja agar tidak main-main dalam hal ini, tim dan dinas terkait harus membuktikan keseriusannya dan melakukan aksi di lapangan berdasarkan tupoksinya masing-masing, sehingga terjadi sinkronisasi kegiatan. Marilah kita terus berkolaborasi dan terus berusaha sekuat tenaga menjadikan Bitung sebagai KEK,” tegas Sarundajang.

Berbagai kesiapan harus dimaksimalkan sebagai mana mestinya, sebab KEK tak akan terwujud jika tindakan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya masih tidak serius dan terus menunda-nunda sesuai arahan Presiden RI Jokowi. Hal ini sangat penting, mengingat sudah banyak investor yang melirik lahan KEK Bitung, mewujudkan percepatan KEK harus dipacu sejak dini, untuk itu Pemprov dan Pemkot saling berkoordinasi, bekerja secara cepat dalam melengkapi data-data pendukung yang jadi persyaratan, data harus detail dan bisa melampirkan foto terbaru tentang lokasi KEK juga kawasan pelabuhan IHP serta keterangannya jelas.

Sementara itu, Walikota Bitung Hanny Sondakh menguraikan bahwa Pemkot sudah siap dan sementara melakukan pengkajian dalam memenuhi dan melengkapi persyaratan dalam percepatan KEK,

“Memang saat ini data pendukung tersebut sudah lengkap tinggal evaluasi lagi, terutama pembebasan lahan dan segi teknis lainnya, jika hal ini telah teratasi maka tahapan pembangunan segera dimulai,” kata Sondakh.(aln)