Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Kepala Bappeda : Tahun 2020 Manado Ditargetkan Menjadi Smart City

×

Kepala Bappeda : Tahun 2020 Manado Ditargetkan Menjadi Smart City

Sebarkan artikel ini

bappeda 4MANADO, (manadoterkini.com) – Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Manado, P. K. B Assa, Ph.D pada saat menerima kunjungan kerja dari Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan yang datang untuk mengetahui tentang sistem perencanaan awal yang diterapkan dan dilaksanakan di Bappeda Kota Manado.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappeda memperkenalkan akan perencanaan Kota Manado yang telah berbasis Teknologi Informasi (IT) seperti sistem e-Musrenbang yang menampung aspirasi-aspirasi masyarakat dari Kelurahan, Kecamatan, dan kota; sistem e-Sakip dan e-Monev yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari setiap SKPD di Kota Manado serta Publikasi APBD Kota Manado yang terinci sampai dengan DPA masing-masing SKPD.

Selain penyediaan infrastruktur yang berbasis IT, Kepala Bappeda Manado juga menyampaikan bahwa Kota Manado telah merencanakan dan menganggarkan untuk tahun 2016 bahwa setiap SKPD di Kota Manado harus berbasis IT.

Kepala Bappeda juga menyampaikan bahwa telah direncanakan juga semua pegawai di Pemerintah Kota Manado akan mendapatkan bimbingan teknis tentang IT termasuk didalamnya cara penggunaan sistem IT yang telah diterapkan di Pemerintah Kota Manado.

“Ditargetkan pada tahun 2020 Kota Manado telah menjadi Smart City,” ujar Kepala Bappeda Manado.

Pada sesi tanya jawab, dibahas tentang tugas dan tanggungjawab Bidang Evaluasi dan Monitoring Bappeda Kota Manado yaitu tentang evaluasi RKPD tahunan, evaluasi RPJMD tahunan, TEPRA, pelaporan APBD, serta e-Sakip dan e-Monev.(ald)