Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

GSVL Diterpa Isu Gelar Palsu Ditengah Suksesnya Hajatan PKB GMIM

×

GSVL Diterpa Isu Gelar Palsu Ditengah Suksesnya Hajatan PKB GMIM

Sebarkan artikel ini

Mocodompis : Masyarakat Bisa Bedakan Gelar Doktor yang Murni dan mana yang Abal-abal

MANADO, (manadoterkini.com) – Sukses melaksanakan hajatan besar di lingkungan pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) sebagai Ketua Umum Panitia HUT ke-53 PKB Sinode GMIM, akhir pekan kemarin ternyata tak serta merta membuat figur Walikota Manado, GS Vicky Lumentut yang juga selaku anggota Majelis Pertimbangan Sinode GMIM, seperti perkiraan banyak orang. Pasalnya, usai pelaksanaan HUT PKB GMIM, Walikota GSVL diterpa isu miring terkait dengan Gelar Doktor yang disandangnya.

Doktor Prancis Doktor Prancis

Setelah hampir 20 jam melansir berita melalui kompasiana.com, akhirnya ekspose berita dengan judul Gelar Doktor Walikota Manado Bohong, dipastikan terbantahkan. Menanggapi hal tersebut, juru bicara Walikota Manado, yakni Plt Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Manado, Franky Mocodompis, S.Sos, memastikan seluruh persyaratan dan kualifikasi akademik Walikota Manado untuk menyandang gelar Doktor sudah dipenuhi beliau. ” Di era digital sekararang, para nettizen dan warga kota Manado silahkan mengakses dua portal web, yang pertama website nasional penyetaraan ijazah dari portal dikti http://ijazahln.dikti.go.id/dalam_proses.php. (capture1) dan yang kedua website portal tesis prancis http://www.theses.fr/2008AIX30038 (capture2). Kalau juga masih belum dirasa lengkap saya lampirkan foto copian ijazahnya dan pengakuan pihak kementrian,”ujar Mocodompis.

Diuraikan Mocodompis, publik bisa menilai sendiri sebagaimana bukti-bukti otentik kelulusan serta ijazah yang digegam Walikota serta pengesahan akademik dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kementrian Pendidikan Nasional tahun 2010.

doktor Prancis Doktor Prancis

“Sebagaimana kita ketahui, ijazah pendidikan tinggi luar negeri wajib menjalani proses penyetaraan oleh pihak yang berkepentingan, dalam hal ini melalui Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada Kementrian Pendidikan Nasional tahun 2010, di mana khusus untuk Pak Walikota G.S. Vicky Lumentut, ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Dikti Kemendiknas RI Nomor 2143/Dikti/Kep/IJLN/2010 tentang Penetapan Hasil Penilaian Ijazah Pendidikan Tinggi Lulusan Luar Negeri tertanggal 28 Oktober 2010. Adapun penetapannya menerangkan hal-hal berikut : Jenis Ijazah : Docteur

Bidang Ilmu : Veilles et Intelligence Competetive

Tanggal Ijazah : 7 Januari 2010

Perguruan Tinggi : Universite d’Aix Marseille III

Asal Negara : France

Dinilai setera dengan : Doktor

Atas Nama : Godbless Sofcar Lumentut

Tempat dan tanggal lahir : Tondano, 8 Juli 1959

Meskipun menyesalkan pertanyaan soal gelar doktor Walikota Manado yang dialamatkan kepada seorang Guru Sekolah Minggu dan Majelis Pertimbangan Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa, terkait dengan isu tersebut, mantan Ketua Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) Unsrat ini memastikan sengaja digulirkan sehubungan dengan proses politik yang sementara berlangsung yaitu Pilkada Kota Manado 9 Desember 2015.

Doktor Prancis

Menurut Mocodompis pemilik akun mungkin menelusuri website dengan menuliskan nama Vicky Lumentut sehingga pencarian data penyetaraan ijazah luar negeri pada website kementrian tidak keluar, dan itu lumrah dalam sistem digital, salah panggil ya berarti tidak akan keluar yang dipanggil. “Meski demikian saya paham betul, para nettizen khususnya warga kota Manado bisa membedakan mana gelar yang murni, kompatibel, dan memenuhi syarat serta kualifikasi akademik, dan mana yang abal-abal. Saya pastikan dari sudut manapun akan diuji, Pak Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut,“akan dapat menunjukkan kualifikasinya sebagai seorang doktor.(ald)