Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Harga Bapok Disejumlah Pasar Tradisional di Minsel Mulai Naik

×

Harga Bapok Disejumlah Pasar Tradisional di Minsel Mulai Naik

Sebarkan artikel ini

AMURANG, (manadoterkini.com)-Harga beberapa bahan pokok (Bapok) dibeberapa pasar yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mulai mengalami naik. Seperti halnya di pasar Amurang, naiknya harga Bapok seperti halnya bawang, sampai berpengaruh pada menurunnya daya beli masyarakat.

Harga bawang yang biasanya dijual 5.000 rupiah saat ini dijual mencapai 12.000 rupiah/ikat, sementara kentang dari 8.000 rupiah naik mencapai 12.000 rupiah/kg, Wortel dari harga 6.000 rupiah kini mencapai 14.000 rupiah/kg, sedangkan Ketimun yang sebelumnya dibeli hanya 60.000-70.000 rupiah per karung, melonjak jauh mencapai 250.000 rupiah/karung. Sementara harga rica, bawang putih dan bawang merah seakan stabil karena hanya mengalami kenaikan dan penurunan harga yang tidak mencolok.

Menurut informasi yang diperoleh manadoterkini.com, naiknya sejumlah Bapok ini lebih disebabkan factor musim kemarau berkepanjangan yang menimbulkan tingginya ongkos para petani, sehingga berkurangnya stok dipasaran.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Peternakan Minsel Decky Keintjem ketika dikonfirmasi membenarkan jika para petani holtikultura di Minsel mengalami kesulitan akibat musim kemarau berkepanjangan ini. “Ini menjadi perhatian serius kami, sehingga telah mengupayakan bantuan bagi para petani holtikultura untuk pengadaan peralatan atau mesin pompa air,” ungkap Keintjem.

Bahkan mengantisipasi tidak tercakupnya semua kelompok tani dengan bantuan tersebut, maka pihaknya mengupayakan kerjasama dengan Perbankan menyangkut bantuan dana pinjaman. “Kami juga telah bekerjasama dengan pihak Bank BNI untuk kredit usaha atau pinjaman modal bagi beberapa kelompok dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi para petani holtikultura saat ini,” urai Keintjem sembari mengharapkan para petani untuk memanfaatkan air seefisien mungkin saat menghadapi ancaman kekeringan.(dav)