Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan Religi

Kuliah Umum STAKN Manado, Mahasiswa dan Partisipasi Politik Dalam Pilkada 2015

×

Kuliah Umum STAKN Manado, Mahasiswa dan Partisipasi Politik Dalam Pilkada 2015

Sebarkan artikel ini

SULUT, (manadoterkini.com) – Penjabat Gubernur Sulut, Dr Sumarsono, MDM, Rabu (28/10) kemarin memberikan kuliah umum dengan tema Mahasiswa dan Partisipasi Politik dalam Pilkada 2015″, di Kampus STAKN, Tateli, Kecamatan Mandolang Minahasa. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri ( STAKN) Manado, sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama RI.

Sumarsono
Sumarsono memberikan Kuliah Umum di STAKN Manado

DR Sumarsono, dihadapan Civitas Academika STAKN Manado, kaitan dengan Partisipasi Politik dan Korelasinya dengan Pilkada Serentak 2015, secara gamblang, diawal ceramah menguraikan tentang Cita Cita dan Tujuan Nasional, yakni Indonesia yang Bersatu, Merdeka, Berdaulat di segala bidang, Adil dan Makmur. Yang juga dituangkan dalam Tujuan Nasional guna melindungi segenap bangsa negara dan mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

“Untuk itu diharapkan segenap Mahasiswa dapat mengambil peran dalam partisipasi politik sebagai kaum intelektual, serta mampu menerapkan Ilmu Pengetahuan, dalam konteks kontribusi sebagai juga bagian dari warga masyarakat, sebagai sumbangsih di kancah Politik,” ujar Lulusan Magister di Universitas Filipina-Manila ini.

Stakn manado

Lebih jauh, dihadapan sekitar 500an Mahasiswa yang berasal dari berbagai perutusan denominasi gereja dan Staf Pengajar di Kampus STAKN ini, serta di hadiri juga Kakanwil Agama Prov Sulut, Rektor IAIN Sulut, Kadis Diknas Prov Sulut, oleh Doktor Sumarsono, dalam dimensi Pendidikan Politik, diuraikan bahwa Provinsi Sulut menduduki rangking tertinggi dalam hal angka partisipasi politik, namun yang memiriskan bahwa praktek Money politic, justru menduduki posisi yang juga cukup signifikan, hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam mengsikapinya.

“Diharapkan kepada segenap kaum Intelektual dan Masyarakat Kampus, agar secara objektif dan berdasarkan idealisme yang konseptual agar, mampu bersikap dan konstruktif dalam semangat membangun fondasi Konstitusi Bernegara, serta menuju Masyarakat yang lebih Demokratis, dengan membangun Budaya Politik yang sehat, dinamis,” pinta Alumnus UGM Jogja yang juga Dirjen OTDA Kemendagri ini.

Diakhir Ceramah dan Kuliah Umum, oleh Pj Gubernur Dr Soni Sumarsono, MDM, melakukan forum tanya jawab dan dialog interaktif serta berkenan menyaksikan Penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) antara Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) yang di Ketuai DR Nico Gara, STh,dan Badan Musyawarah antar Gereja (BAMAG) melalui Pdt Johan Manampiring, Sth, dengan Ketua STAKN Manado, DR Jeane M Tulung, STh, MPd.(tim)