Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Forki Sulut Gelar Kejurnas Bartajuk Kawanua Karate Open Turnament

×

Forki Sulut Gelar Kejurnas Bartajuk Kawanua Karate Open Turnament

Sebarkan artikel ini

SULUT, (manadoterkini.com) – Federasi Karate-Do Indonesia (Forki) Sulawesi Utara (Sulut) saat ini mengelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bertajuk Kawanua Karate Open Turnament. Kejurnas yang akan digelar selama tiga hari ini dipusatkan di GOR Arie Lasut Kayuwatu Manado.

Sulut

Ketua panitia pelaksana yang juga Bendahara Forki Sulut, Billy Lombok SH mengatakan, ajang Kejurnas karate akan berlangsung selama 3 hari ini. “Kejurnas ini diikuti oleh para atlit/karateka lokal dari Sulut dan peserta luar daerah se-Nusantara dari berbagai macam aliran perguruan karate,” ujarnya.

Ditambakannya, Kawanua Karate open Tournamen 2015, ini diikuti oleh 28 daerah di Indonesia dengan total ada 486 peserta dari 27 tim karate se Indonesia. “Terima kasih kepada Kemenpora atas dukungan dan pendanaan, serta kepada Pemerintah Pemprov Sulut, Dispora Sulut, dan semua pihak yang mengambil bagian untuk terlaksananya kegiatan ini,” ungkap Lombok yang juga Anggota DPRD Provinsi Sulut ini.

Forki Sulut

Sementara, Ketua FORKI Sulut Jemmy Ringkuangan mengatakan, kejuaraan karate seperti ini terakhir digelar tiga tahun lalu, memperebutkan piala Mendagri. Ringkuangan berharap kedepan agar karate yang ada di Sulawesi utara. “Melalui binaan Forki ini bisa terus memberikan yang terbaik serta menghasilkan karateka-karateka muda yang handal bagi nusa dan bangsa, lebih khusus mengharumkan nama bumi nyiur melambai Provinsi Sulawesi Utara dikancah nasional maupun internasional,” ujar Ringkuangan yang juga sebagai Karo Umum Pemprov Sulut.

Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono, dalam sambutannya yang dibacakan oleh, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Mecky Onibala menyampaikan Karate atau Karate-do merupakan salah salah seni bela diri timur, dimana pada jaman dahulu, hanya bersifat untuk mempertahankan diri dari gangguan binatang buas dan alam sekitar.

Tamba Onibala, Indonesia sendiri olahraga karate terus dipelihara dan tumbuh kembangkan untuk bisa menjadi cabang olahraga kebanggan nasional. Dan sejauh ini, telah mampu menjadi andalan pada berbagai iven regional maupun internasional.

Senada disampaikan Ketua KONI Sulut, Olly Dondokambey saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuka secara resmi Open Tournament Karate 2015 mengatakan, ada banyak kegiatan olahraga di wilayah Sulawesi Utara mulai berjalan dengan baik, akhir-akhir ini. Seperti lomba pacuan kuda, lomba karate, paralayang serta banyak iven-iven terbuka yang dilaksanakan di Sulut

Dondokambey juga berharap sebagai ketua KONI, topangan kedepan bagi kegiatan pembinaan olahraga akan lebih ditingkatkan. “Karena kita tahu persis bahwa olahraga itu bagian dari pada pembangunan jiwa atau pembangunan manusia seutuhnya Indonesia,'” tandasnya.(alfa)