Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan Khusus

Sumarsono Lantik Hosang dan Mokoagow Penjabat Bupati Minsel dan Bolsel

×

Sumarsono Lantik Hosang dan Mokoagow Penjabat Bupati Minsel dan Bolsel

Sebarkan artikel ini

SumarsonoSULUT, (manadoterkini.com) – Penjabat Gubernur Sulut, DR Soni Sumarsono MDM, Rabu (16/12) secara resmi melantik Ir Peter Rene Hosang Msi, sebagai Penjabat Bupati Minsel dan Dr Bahagia R Mokoagow. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Graha Gubernuran, Bumi Beringin, Manado.

Sumarsono mengatakan amanah yang diberikan kepada dua pejabat Pemprov Sulut ini agar dilaksanakan secara paripurna demi pembangunan daerah dan bangsa tercinta.

“Penjabat Bupati memiliki kewenangan penuh sebagai pemimpin, bertanggung jawab penuh kepada masyarakat dan Tuhan. Kedua Penjabat Bupati ini agar Iklas dan tulus selama mengabdi,” ujar Sumarsono mengingatkan kedua pejabat tersebut.

Penjabat Bupati Minsel Bupati Bolsel

Sekalipun memiliki kewenangan penuh sebagai penguasa daerah, namun ada batasan dalam mengambil keputusan diantaranya adalah kontrak kerja yang telah ditandatangani Bupati sebelumnya dilarang melakukan perubahan.

“Penjabat Bupati boleh melakukan mutasi pejabat berdasarkan persetujuan Mendagri dan Penjabat Gubernur. Namun saya berharap tidak melakukan mutasi pejabat kecuali mengisi kekosongan, serta berharap jangan ada non job selama para Penjabat Bupati memimpin,” ungkap Dirjen Otda Kemendagri ini.

Penyerahan tanggung Jawab Penyerahan Tanggung Jawab

Karena Pilkada telah selesai maka Penjabat Bupati Minsel dan Bolsel agar selalu berkonsultasi dengan para Bupati terpilih di daerah masing-masing demi kesinambungan pembangunan daerah, selama menjabat kedua penjabat agar merangkul para tokoh masyarakat di daerah masing-masing serta tetap menjaga keharmonisan dan keamanan daerah.

Untuk diketahui pengisian posisi Penjabat Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan. Mengingat masa jabatan Bupati di kedau daerah tersebut sudah berakhir.

Pelantikan Penjabat Bupati Minsel berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.71-6126 tanggal 8 Desember 2015 mengantikan Christiany Eugenia Paruntu sedangkan Penjabat Bupati Bolsel Bahagia Mokoagow berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negari nomor 131.71-6142 tanggal 11 Desember 2015 mengantikan Herson Mayulu.

serah terima jabatan Penjabat Bupati Minsel

Sumarsono menegaskan dalam pemilihan Penjabat Bupati dirinya tidak mendapat interfensi dari pihak manapun. “Keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan secara baik dan ketentuan yang berlaku. Untuk Dr. Bahagia, merupakan pointed Bupati, karena dipilih langsung pemimpin di pusat. Bahagia Dipilih karena mempromosikan kepemimpinan gender perempuan berdasarkan undang-undang,” tegasnya.

Kepada para Penjabat Bupati dan Walikota yang ada di Sulut Dirjen Otda ini berharap agar berlomba menunjukan kinerja terbaik dan membuat inovasi baru selama menjabat. “Jika pada evaluasi nanti tidak ada perubahan yang dilakukan saya menegaskan para Penjabat tersebut bisa lengser dari posisinya,” pungkasnya. Turut Hadir Sekprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan, Perwakilan Unsur Forkopimda Sulut serta para pejabat teras Pemprov Sulut.(tim)