Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa Selatan

Dipusatkan di Desa Wuwuk, Upacara TMMD Suguhkan Atraksi Pembebasan Sandera dan Bangun Jalan Ribuan KM

×

Dipusatkan di Desa Wuwuk, Upacara TMMD Suguhkan Atraksi Pembebasan Sandera dan Bangun Jalan Ribuan KM

Sebarkan artikel ini

MTerkini.com, TARERAN-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE dipercayakan sebagai inspektur upacara (Irup) dalam pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 96 yang dipusatkan di lapangan Tawaang Desa Wuwuk Kecamatan Tareran Pada Selasa (3/4) siang tadi.

tmdBahkan Gubernur Dondokambey pada kesempatan tersebut langsung dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Yonif Raider 712/Wt.

Dalam sambutannya Dondokambey membacakan amanat Pangdam VII/WRB selaku PKO TMMD TA 2016 bahwa, melalui TMMD ini, sangat dibutuhkan kerjasama secara terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian, lembaga pemerintahan non kementrian dan masyarakat yang mensinergikan untuk membantu percepatan pembangunan didaerah.

tmd“Tujuan diselenggarakannya TMMD adalah untuk membantu daerah dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat memantapkan wawasan kebangsaan membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Serta meningkatkan kesadaran bela negara dalam rangka menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia. TMMD merupakan sebuah langkah nyata dalam memantapkan hubungan TNI dengan rakyat yang sudah terjalin sejak perjuangan kemerdekaan,” ujarnya.

Selesai melaksanakan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan demonstrasi Tari Maumere oleh ibu-ibu Persit Kodim 1302/Min, serta demo pembebasan sandera oleh Yonif Raider 712/Wt dan pembagian sembako secara simbolis oleh Gubernur Sulut, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE dan Danrem 131/Stg Brigjen TNI Sulaiman Agusto,SIP,MM.

tmdSelanjutnya Gubernur meninjau pelaksanaan pengobatan gratis dan pemasangan alat KB.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakapolda Sulut, Kajati Sulut, Danlantamal, Danlanudsri, Bupati Minsel Christiany Euginia Paruntu SE, Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, serta para Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Forkompida Minsel, Dansat jajaran Korem 131 serta Seldakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, Para Asisten dan sejumlah pejabat yang ada dilingkup Pemkab Minsel.

Sementara itu, Dandim 1302 Minahasa Letkol Czi M Andhy Kusuma dalam laporannya mengatakan, melalui kegiatan ini, pihaknya akan membangun jalan sepanjang 5.300 meter, yang menghubungkan desa Wuwuk Kecamatan Tareran dan desa Kapoya Kecamatan Suluun-Tareran.

“Untuk pengerjaannya akan melibatkan sekitar 150 personil dan dibantu personil dari Kepolisian, Pemkab Minsel dan juga partisipasi masyarakat. Sementara untuk sumber dana pembagunan jalan, didukung APBD Pemkab Minsel dan dana dari Kodim Minahasa yang merupakan dana dari pusat digunakan untuk program TMMD,” ujarnya.

Selain program pembangunan tersebut, ada juga sasaran non fisik seperti penyuluhan seperti penjelasan tentang bahaya radikalisme kepada masyarakat.

Terkait dengan kegiatan TMMD yang dipusatkan di Minsel, Bupati Minsel Christiany Euginia Paruntu,SE menyatakan dukungannya, dan memberikan apresiasi terhadap upaya pihak TNI dalam memberikan peranan nyata bagi pembangunan demi peningkatan kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, apalagi ini merupakan program pemerintah pusat bahkan daerah dalam memajukan pembangunan yang mulai dari Desa hingga ke Kota,” tandasnya.(dav)