Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa UtaraPemerintahan

Wah..!! LKPJ Bupati TA 2015 Menyimpang, 90 Persen Copy Paste

×

Wah..!! LKPJ Bupati TA 2015 Menyimpang, 90 Persen Copy Paste

Sebarkan artikel ini

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI – Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Minahasa Utara (Minut) Tahun Anggaran (TA) 2015, menyimpang dari aturan, bahkan 90 persen laporan tersebut copy paste dari laporan keterangan akhir masa jabatan bupati yang lama Sompe Singal.

“Yah ini memang menyimpang dari aturan karena tidak taat azas. Semestinya, LKPJ Bupati TA 2015 ini, disampaikan pada bulan Maret, tapi baru disampaikan melalui Paripurna DPRD Minut pada akhir bulan Mei lalu. Kemudian LKPJ ini hanya copy paste dari laporan akhir masa jabatan bupati lalu,” tegas Ketua Pansus LKPJ Denny Sompie, usai Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD Minut atas LKPJ Bupati TA 2015, yang dipimpin Wakil Ketua Drs Denny Wowiling MSi, dihadiri langsung Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppy Lengkong (VAP-JO).

Lebih lanjut, dari laporan hasil pembahasan LKPJ Bupati TA 2015, yang disampaikan Ketua Pansus Denny Sompie, selain tidak taat azas dan 90 persen hanya copy paste, ternyata pada LKPJ tersebut tidak dimasukkannya tugas pembantuan dari pusat, dan diketahui sejumlah SKPD mampu mengelolah anggaran, pengelolaan retribusi tidak terukur dan hanya dilakukan taksasi sehingga berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD).

“Ada sekitar 40 penerima dana tugas pembantuan dari pusat, namun tidak ada didalam LKPJ, banyak anggaran tidak terserap karena SKPD tidak mampu mengelolahnya, banyak anggaran tidak dilaporkan dan hanya formalitas saja, yang kita butuh adalah kuantitasnya, ada juga SKPD yang memerlukan sarana prasarana penunjang tupoksinya masing-masing, dan ini harus menjadi perhatian pemerintah yang ada sekarang ini,” ujar Sompie, sembari berharap penyampaian LKPJ seperti ini tidak terjadi lagi di pemerintahan VAP-JO.

Sementara itu, Bupati VAP mengapresiasi tugas yang telah dijalankan DPRD Minut, melalui pansus yang telah membahas LKPJ TA 2015.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada DPRD Minut dan pansus, dimana melalui mekanisme dan secara dinamis telah membahas LKPJ dan melalui rekomendasi yang didalamnya mengandung masukan, ide, gagasan dan kritik membangun, saya yakin akan menjadi fondasi komitmen yang kuat untuk bersama membangun Minut yang lebih baik. Dan rekomendasi ini menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti serta diperbaiki,” tandasnya.(Pow)