Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanHukum dan Kriminal

Kapolda : Kapolresta Manado Segera Diganti

×

Kapolda : Kapolresta Manado Segera Diganti

Sebarkan artikel ini
kapolda Sulut
Kapolda Sulut Wilmar Marpaung

manadoterkini.com, SULUT – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Polda) menyikapi langsung seruan dari berbagai kalangan masyarakat, pemuda maupun mahasiswa agar jabatan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Manado, AKBP Suprayitno dicopot.

Kepada ratusan pengunjuk rasa dari berbagai organisasi kepemudaan, maupun mahasiswa Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Wilmar Marpaung sudah merekomendasikan atau diusul diganti.

“Secara administrasi, saya sudah kirim surat rekomendasi kepada pak Kapolri langsung agar dapat mengganti Kapolresta Manado yang dijabat AKBP Suprayitno. Soal kapan Kapolres diganti itu wewenang Kapolri. Kita tunggu saja,” beber Jenderal Bintang satu di halaman Mapolda Sulut, Kamis (9/6/2016).

Sebagai Kapolda saya hanya bisa berikan pengusulan untuk penggantian jabatan setingkat Kapolres. “Saya hanya bisa mengganti pangkat AKBP kebawah. Kecuali setingkat Kapolres. Walau pangkat AKBP itu yang bisa menggantinya yakni Kapolri,”terang pria berdarah Batak ini.

Lanjutnya, mengenai penanganan dugaan kekerasan oleh oknum polisi terhadap 7 anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) kala demo di kantor Dewan Manado, Rabu (1/6/16 ) lalu, pihaknya secepat mungkin menangani kasus yang menjadi perhatian masyarakat itu.

Kata dia, Bidang Propam maupun Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulut sudah bekerja semaksimal mungkin untuk mengungkap kasus itu. “Bid Propam dan Ditreskrimum sudah mengumpulkan bukti-bukti saat terjadinya dugaan kekerasan. Anggota yang terbukti akan ditindak tegas. Kapolda pun akan ditindak apabila terbukti salah. Hingga proses sidang kode etik Polri nanti, itu transparan, Kami akan beberkan hasilnya,” katanya.

Lanjut dikatakannya, kasatker-kasatker yang ada di Polresta Manado, sudah dicopot dari jabatannya. “Saya sudah mengganti sejumlah pejabat di Polresta Manado yang bertanggungjawab menangani demo pekan lalu,”cetusnya.

Berdasarkan pantauan, sejumlah aliansi pemuda dan mahasiswa di Manado, berunjuk rasa di Halaman Mapolda Sulut.(jef)