Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

BI Sulut Sosialisasikan Ciri Ciri Keaslian Uang Rupiah

×

BI Sulut Sosialisasikan Ciri Ciri Keaslian Uang Rupiah

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) bagaimana mengenal dan membedakan uang Rupiah asli dan palsu, maka Bank Indonesia Provinsi Sulut melaksanakan program sosialisasi keaslian Uang Rupiah.

“Program ini tujuannya, untuk memberi pemahaman, edukasi kepada masyarakat agar sadar menggunakan Uang Rupiah dan masyarakat tahu membedakan uang rupiah asli dan palsu, ” ungkap Christian (Karyawan BI-red) saat mensosialisasikan ciri ciri uang kepada wartawan manadoterkini.com, di kompleks Jln Piere Tendean, Boulevard Manado, Sabtu (11/06/2016).

Dia menjelaskan, unsur pengamanan atau security feature yang terdapat pada uang kertas Rupiah seperti pecahan 100 ribu rupiah, dapat dikenal dengan cara-cara sederhana.

“Ini merupakan sesuatu yang penting untuk diketahui, caranya dengan metode 3 D, Dilihat, Dirabah, Diterawang, selain itu dengan cara melihat Tinta OVI (Optical variable ink) logo BI, OVI logo BI ini, berubah dari warna jika dilihat dari sudut pandang tertentu, ” jelas Christian.(alfa)