Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Menteri Siti : 60 Persen Hutan di Sulut Akan Direhabilitasi

×

Menteri Siti : 60 Persen Hutan di Sulut Akan Direhabilitasi

Sebarkan artikel ini

menteri kehutananmanadoterkini.com, SULUT – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan merehabilitasi 60 persen hutan di Sulawesi Utara yang kritis. Hal ini disampaikan Menteri LHK, Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc usai berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, Hutan Rakyat Gunung Tumpah Manado dan Cagar alam batu putih Bitung.

Menurutnya, KLHK sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk rencana rehabilitasi tersebut.

“Langkah-langkahnya kita sudah siapkan dan Gubernur Sulut (Olly Dondokambey-red) sudah ketemu saya. Jadi saya kira kita akan melihat,” ujar Siti Nurbaya.

Dia juga menuturkan lemahnya pengawasan aparat hukum dan polisi hutan sebelumnya, yang efeknya terjadi kerusakan hutan di Sulawesi Utara seperti kebakaran pada musim kemarau lalu dan pembalakan liar, akan segera dibenahi.

“Kalau kekurangan polisi hutan terjadi di seluruh Indonesia dan tahun 2016 ini kita sudah bahas dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan saya kebagian untuk polisi hutan sejumlah 600 formasi,” imbuhnya.

Dinas Kehutanan Sulawesi Utara sendiri kekurangan polisi kehutanan, dari kabupaten dan kota hanya ada 168 polisi kehutanan yang aktif. Padahal 60 persen dari areal hutan seluas 788.691,88 hektar di Sulawesi sudah kritis.

Diketahui, Hutan di Sulawesi Utara terbagi dalam hutan produksi konservasi (HPK) 14.643.49 hektar, hutan produksi (HP) 67.423.55 hektar, hutan produksi terbatas (HPT) 210.123.45 hektar. Kemudian hutan lindung (HL) 175.958.53 hektar serta hutan suaka alam (HSA) 320.543.15 hektar.(alfa)