Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Palar : Diklat Koperasi dan Wirausaha Sebagai Wujud Nyata Menumbukembangkan Jiwa Kewirausahaan

×

Palar : Diklat Koperasi dan Wirausaha Sebagai Wujud Nyata Menumbukembangkan Jiwa Kewirausahaan

Sebarkan artikel ini

img-20160925-wa0022manadoterkini.com, SULUT – Upaya menumbukembangkan jiwa kewirausahaan merupakan salah satu tugas bahkan misi dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Sebagai wujud dan langka nyata tugas tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut melalui Kepala Dinas Ir Rene Hosang MSi, tahun ini sementara menggenjot sektor ini, dengan menyelenggarakan berbagai pendidikan dan latihan kewirausahaan serta menejemen pengelolaan koperasi, kepada berbagai kalangan.

Kepala Balatkop Sulut Victory Palar kepada manadoterkini.com, Minggu (25/09/2016) mengatakan, hal ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan mengenai koperasi dan kewirausahaan, baik kepada pemula maupun pelaku wirausaha dan koperasi.

“Dari data, sampai saat ini jumlah wirausaha di Indonesia sudah mencapai 1,6 persen dari target dua persen akhir tahun 2016, karena itu kegiatan seperti ini penting dalam merangsang, menciptakan pelaku wirausaha di Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Jumlah ideal wirausaha 2 persen dari penduduk Indonesia berarti dibutuhkan 4,6 juta wirausaha dari 231,83 juta jiwa untuk membangun perekonomian negara.

“Kegiatan ini juga singkron dengan program pemerintah provinsi Sulut, yakni ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) yang menjadi salah satu program utama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Sulut Steven Kandouw, yang juga tercamtum lewat Sapta Cipta (tujuh program unggulan OD-SK),” tandas Palar.

Karena itu, Dia menghimbau semua peserta Diklat dari Dinas Koperasi dan UMKM, dalam Diklat untuk memperhatikan semua materi, agar bisa membawah pulang pengetahuan, sehingga bisa menjadi wirausahawan baru, yang tentunya berdampak bagi pertumbuhan ekonomi diri sendiri serta masyarakat.

Diketahui, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut, melalui Balatkop Sulut, baru baru ini melaksanakan Diklat Menejemen Pengolaan Koperasi Bagi Kelompok Wirausaha Perempuan (19 – 23 September 2016) di Balatkop Sulut yang bekerjasama dengan Komisi WKI (Wanita Kaum Ibu) Sinode GMIM, dan Yayasan Miracle Abadi Sulut di GMIM Imanuael Bengkol.

Dengan kerjasama ini, Dinas Koperasi dan UMKM Sulut memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih.

“Kami dari Dinas Koperasi dan UMKM mengucapkan terima kasih kepada Komisi Wanita Kaum Ibu (WKI) Sinode GMIM, lewat pokja dan kepada Yayasan Miracle Abadi Sulut, yang selalu bekerja sama bermitra dengan kami dalam rangka menumbukan semangat berwirausaha untuk memicu tumbunya usaha-usaha baru dikalangan masyarakat,” ucap Palar.(alfa)