Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Sinergritas OD-SK dan GSVL-MOR, Ini Langkah Hebat dan Cerdas Jadikan Manado Bebas Sampah

×

Sinergritas OD-SK dan GSVL-MOR, Ini Langkah Hebat dan Cerdas Jadikan Manado Bebas Sampah

Sebarkan artikel ini
Lumentut
Wagub Steven dan Walikota GSVL lakukan kesepakatan bersama atasi sampah

manadoterkini.com, MANADO – Seiring pesatnya pertumbuhan ekonomi di Kota Manado, pastinya dibarengi dengan peningkatan volume sampah. Guna mengatasi permasalahan sampah di Manado dan sekitarnya, ini rencana Hebat dan Cerdsas Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw bersinergi dengan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan.

Dimana langkah Hebat dan Cerdas atasi masalah sampah di Manado, Rabu (28/9/2016) Walikota GSVL menghadiri pertemuan terkait kesepakatan kerjasama pembangunan dan pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) bersama Regional Manado-Minut-Bitung dan Minahasa, yang dipimpin Wagub Steven Kandouw di ruang kerjanya, kantor Gubernur Sulut Jl 17 Agustus

“Volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat semakin meningkat, sehingga daya tampung tempat pembuangan sampah sudah tak cukup lagi,”ungkap Walikota GSVL.

Lumentut-SUlut
Walikota GSVL menandatangani kesepakatan bersama

Dikatakan Walikota GSVL, kesepakatan kerjasama pembangunan dan pengelolaan TPAS bersama ini diharapkan nantinya akan menjadikan Manado dan daerah lainnya semakin bersih, karena pengelolaan sampah yang kian teratur.

“Ini berupa kesepakatan bersama tentang kerjasama pelayanan antar daerah terkait pengolahan dan pemrosesan akhir sampah. Semua daerah yakni kabupaten/kota, tentunya ingin melakukan yang terbaik guna bisa menjadikan wilayahnya bersih dan nyaman,” ujar Walikota GSVL.

Dirinya kembali menegaskan bahwa, saat ini pemerintah sedang membentuk imej bahwa kebiasaan untuk mendapatkan penghargaan Adipura atas kebersihan suatu kota, itu bukanlah segalanya. Tapi yang terpenting adalah, kebersihan serta kesehatan warga masyarakat itu sendiri.

“Selama ini kita fokus mengejar Adipura, namun hal itu bukanlah segalanya dan bukan menjadi tujuan. Tetapi bagaimana kita menjadikan kota itu bersih dan sehat terlebih dahulu. Saya kira dengan demikian, maka Adipura juga akan ikut serta,” tukas Walikota Manado dua periode itu.

Karena itu, Walikota GSVL memberikan pujian kepada Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) yang telah memfasilitasi pembangunan dan pengelolaan TPAS Bersama ini.

“Kami (Pemkot Manado,red) sangat mengapresiasi dan bangga atas pertemuan dan kegiatan inisiatif yang di lakukan pihak Pemprov Sulut ini, agar kedepan warga di daerah Nyiur Melambai Sulut boleh cerdas dan hebat tentunya kedepan dalam memelihara lingkungan yang bersih dan sehat,” tandas Walikota GSVL.

Seperti diketahui, saat ini Pemprov Sulut di bawah pimpinan OD-SK dan Pemkot Manado di bawah pimpinan GSVL-Mor Bastiaan, sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan kebersihan lingkungan, dimana utamanya bahwa Manado harus terbebas dari sampah yang berkeliaran. Hal ini juga untuk menunjang program pariwisata yang digagas kedua pemerintah ini, termasuk sinergitas dalam pembangunan.(ald)