Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Dapat Penghargaan Presiden, Olly Ajak Warga Sulut Cinta Menanam Pohon

×

Dapat Penghargaan Presiden, Olly Ajak Warga Sulut Cinta Menanam Pohon

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Senin (28/11/2016) mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo, sebagai pemenang 3 dari Gubernur se-Indonesia, pada Hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional tahun 2016 di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur.

OllyGubernur Olly, mengatakan sangat bangga dan bersyukur atas pemberian penghargaan dari pemerintah pusat. “Penghargaan ini didapat karena peran serta dari seluruh komponen masyarakat Sulut,” tegas Olly.

Untuk itu, dengan adanya penghargaan tersebut, Gubernur berharap akan menumbuh kembangkan budaya cinta menanam dan memelihara pohon di daerah nyiur melambai.

Olly“Saya berharap dengan adanya penghargaan ini lebih menumbuh kembangkan budaya cinta menanam dan memelihara pohon di daerah nyiur melambai (Sulut,red)  dan membantu rehabilitasi lahan kritis, mengembangkan tanaman unggulan lokal dan meningkatkan produktifitas lahan dan ekonomi rakyat sulut serta mendukung  sepenuhnya pelaksanaan mitigasi perubahan iklim,” tutup dondokambey.

OllySementara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang turut serta mendampingi Presiden mengungkapkan bahwa penanaman pohon di Desa Tasikharjo ini merupakan momen yang spesial. Sebab, penanaman serentak ini bisa memecahkan rekor dunia.

manado“Penanaman serentak ini memecehkan rekor dunia, karena dalam satu jam bisa menanam 238.000 pohon. Sedangkan, rekor dunia sebelumnya dipegang Filipina dengan menanam pohon 223.000 pohon,” terangnya.

OllySiti Nurbaya membeberkan, dalam satu jam, ada 12.000 pohon yang ditanam di lahan perhutani dan sisanya ada di lahan masyarakat. Sedangkan, yang mengikuti penanaman ini sebanyak 5.500 petani dari desa setempat.

Olly“Diharapkan penanaman pohon ini dapat memberi kehidupan, kesejahteraan dan sumber devisa negara. Keberadaan hutan jelas mengandung arti mendasar, sebab keberadaan hutan bisa menyelamatkan dan memelihara sumber mata air serta sebagai sumber ekonomi masyarakat sekitar,” papar Siti Nurbaya.

menanam
Hari Menanam Pohon Nasional

“Menanam pohon harus nyata bagi rakyat. Karena bisa dijadikan pendapatan rakyat maupun bisnis rakyat,” pungkasnya.(tim)