Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Walikota GSVL Tantang Warga Papua Jadi Pejabat di Manado

×

Walikota GSVL Tantang Warga Papua Jadi Pejabat di Manado

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Luar biasa sikap toleransi yang ditunjukan Walikota Manado Dr GS VIcky Lumentut SH MSI DEA, kepada warga pendatang. Pasalnya, Walikota dua periode di Ibukota Provinsi Sulut ini menantang warga Manado asal Papua yang kini sebagai Mahasiswa untuk menjadi pejabat di lingkup Pemkot Manado kedepan.

manado
Walikota Manado GS Vicky Lumentut

“Saya tantang warga dan Mahasiwa asal bumi cendrawasi, kedepan bisa menjadi pejabat di Pemkot Manado. Bahkan kalau bisa menjadi anggota Legislatif di DPRD Manado,” ungkap Walikota GSVL, saat memberikan sambutan pada Ibadah Natal bersama warga Papua dengan Pemkot Manado di kediaman pribadinya di puncak Malalayang, Sabtu (10/12/2016).

Penjelasan mantan Sekretaris Kota Manado ini sangat beralasan karena jumlah warga Manado asal Papua ribuan. Apalagi sejumlah warga Kawanua boleh berkipra dan diberikan kesempatan untuk memegang jabatan penting, baik eksekutif maupun Legislatif di Bumi Cendrawasi.

“Hal ini menandakan, warga Papua sangat welcome atau menerima kehadiran pendatang luar khususnya kawanua Manado untuk bisa bersama-sama memajukan daerah setempat. Yakni memegang jabatan baik itu sebagai sekretaris daerah, kepala Dinas, maupun bisa terpilih sebagai wakil rakyat di kursi Legislatif,” terang suami tercinta Rektor Unima Prof Dr Puala Lumentut – Runtuwene MS DEA.

manado
Ibadah Natal bersama dihadiri Wawali Manado, Kapolres Manado, Dandim Manado serta jajaran Pemkot Manado dan warga Manado asal Papua dan Mahasiwa Papua

Olehnya, kalau disana tanah Papua bisa ditempatkannya warga asal Manado menjadi seorang pejabat. Kenapa tidak di Kota Manado nanti.

“Kita menerima juga warga asal Papua yang ingin mengabdi di jajaran Pemkot Manado maupun wakil rakyat di sini. Saya ingin mengajak sekaligus menantang warga Manado asal Papua yang ada saat ini, termasuk adik-adik mahasiswa yang mungkin sudah lulus dan yang akan selesai study. Kedepan kami Pemkot Manado, siap menerima kalau ada warga Papua yang ingin masuk menjadi pejabat dan ingin berkarir di sini,” katanya.

Begitu juga kalau ada yang berminat jadi anggota dewan, ada ribuan warga Papua di Kota Manado. “Itu kalau masuk di satu Dapil (daerah pemilihan), pasti tidak akan sulit mencari satu kursi. Dan semoga itu bisa terwujud di kemudian hari, asalkan semuanya ada niat dan punya kompetensi yang dimiliki masing-masing warga Papua tersebut,” ujar Walikota GSVL disambut tepuk tangan warga Papua yang ada.

Seperti diketahui Ibadah Natal bersama ini dipimpin Pdt DR Lipiyus Biniluk MTh, dari Papua, turut dihadiri Rektor Unima yang juga Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Juleyta P.A Lumentut Runtuwene, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan istri, Kapolres Manado Kombes Pol Hisar Siallagan, Dandim 1309 Manado Letkol Arm Toar Pioh, Plt Sekot Manado Drs Rum Usulu, Camat Malalayang Drs Laurens Umboh serta sejumlah pengurus FKUB Kota Jayapura dan pejabat teras di jajaran Pemkot Manado.