Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Gerak Cepat GSVL-MOR Evakuasi Korban Banjir dan Longsor di Manado

×

Gerak Cepat GSVL-MOR Evakuasi Korban Banjir dan Longsor di Manado

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Hujan yang menguyur Ibukota Sulawesi Utara dan sejumlah daerah, berdampak bajir di Kota Manado, Kamis (26/1/2017). Sejumlah lokasi yang rawan terjadi banjir yakni sepanjang daerah bantaran sungai Tondano, mengalami banjir.

manado
Kandisi sejumlah warga di Kecamatan Singkil direndam banjir

Mendapat informasi Manado mulai direndam banjir, Walikota GS Vicky Lumentut menginstruksikan aparat Pemkot Manado dipimpin langsung Wawali Mor Dominus Bastiaan langsung turun ke lapangan mendatangi lokasi-lokasi yang terdampak banjir.

Seperti di Kampung Tubir, Kecamatan Paal Dua. Sebagian besar warga telah diungsikan di gedung GPdI Beth Eden Paal Dua. Kemudian Kampung Argentina Kelurahan Ternate Tanjung Lingkungan 1 dan 3, Kecamatan Singkil.

Wawali Mor sempat menyaksikan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) melakukan upaya penyelamatan nenek dan cucunya yang terjebak banjir dirumahnya. Warga yang terdampak banjir telah diungsikan di Masjid Babul Jana.

manado
Wawali Mor Bastiaan didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere dan Plt Kadis Sosial Sammy Kaawoan di lokasi pengungsian warga

Kedatangan Wawali Mor didampingi Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Micler CS Lakat SH Mh, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawiitjere SH, Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Drs Sammy Kaawoan, Kepala Dinas Perhubungan M Sofyan, Camat Paal Dua Marthen Kapajos, serta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, tidak hanya melakukan pantauan, namun juga langsung memberikan bantuan baik perlengkapan tidur juga bahan makanan bagi masyarakat di Posko pengungsian.

Wawali Mor berharap adanya keterlibatan semua pihak, termasuk warga kota lainnya yang tidak mengalami musibah untuk saling membantu. “Karena curah hujan yang tinggi dan ada beberapa titik rawan banjir di Kota Manado ini, saya berharap agar warga waspada. Semua pihak baik aparat pemerintah, TNI, kepolisian dan warga agar bekerja-sama saling membantu dalam menghadapi bencana, diantaranya dengan mendirikan Posko bantuan, dapur umum dan menyediakan makanan untuk warga yang terkena bencana,” ujar Wawali Mor.(ald)