Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Wagub Kandouw : Human Capital Modal Jangka Panjang ASN

×

Wagub Kandouw : Human Capital Modal Jangka Panjang ASN

Sebarkan artikel ini
manado
Wagub Sulut Steven Kandouw memberikan sambutan

manadoterkini.com, SULUT – Human Capital merupakan modal jangka panjang Aparatur Sipil Negara (ASN), karena itu pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi skala prioritas pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2017.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw dalam arahannya pada Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III Pola Kemitraan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Diklat Tkt IV Provinsi serta Diklat Teknis Coach, di Aula Badan Diklat Watutumouw, Selasa (07/03/2017) kemarin.

Kandouw mengatakan, Kesenjangan perbandingan jumlah kuantitas dan kualitas  jajaran birokrasi yang dimiliki Provinsi Sulawesi Utara saat ini masih belum sebanding dengan tuntutan pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan Sosial kemasyarakatan yang harus diselenggarakan di daerah ini.

Karena itu, lewat Diklat ini ASN yang kapabel harus memiliki Kompetensi.  “Kita harus mampu meningkatkan kapasitas kerja Aparatur agar memiliki kemampuan multy tasking, seperti  yang ditandai dengan ketersediaan aparatur yang memiliki 3 kompetensi yakni : Kompetensi Managerial, Teknis dan Sosio Cultural, ” ungkapnya sebagaimana dikutip Kabag Humas Pemprov Sulut Roy RL Saroinsong SH.

Sementara, Kepala LAN RI Dr Adi Suryanto MSi, dalam paparannya mengapresiasi akan semangat dan motivasi pihak Pemerintah Provinsi Sulut dalam peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM Aparatur untuk menunjang program menuju Sulut Hebat, termasuk juga menghimbau kepada pihak BKD, untuk secara terpadu dan terintegerasi dengan pihak Badan Diklat dalam menyiapkan Data Base bagi penyiapan pengembangan Aparatur yang potensial.

Pada kesempatan tersebut. Adi juga berjanji akan memperjuangkan peningkatan status Akreditasi dari Badan Diklat Provinsi Sulut di LAN RI dalam penyelenggaraan Diklat Struktural, Teknis Fungsional maupun penyiapan infrastruktur dan Suprastruktur Kediklatan.

Sebagaiman diketahui, ASN lingkup Pemerintah Provinsi Sulut saat ini berjumlah 11.375 orang. Jumlah ini merupakan akumulasi dari jumlah pegawai sebelumnya yakni 5.468 orang, ditambah dengan Pegawai alih status (Guru SMA/SMK) sejumlah 5.907 orang dari Kabupaten/Kota. Sementara pegawai yang memasuki masa pensiun mencapai 279 orang pada tahun 2016.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Program dan Pengembangan Diklat LAN RI, Dra Reni Suzana MPPM, Asisten Administrasi Umum Ir Roy O Roring MSi, dan Kaban Diklat Ir J Senduk.(alfa)