Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitung

Lomban Promosikan Potensi Bitung di Belanda

×

Lomban Promosikan Potensi Bitung di Belanda

Sebarkan artikel ini
Walikota dan Ketua TP PKK ketika menghadiri FTTI di Belanda
Walikota dan Ketua TP PKK ketika menghadiri FTTI di Belanda.(ist)

manadoterkini.com, BITUNG – Forum Trade, Tourism and Investment (FTTI) Sulawesi Utara di Belanda, yang digelar di KBRI Den Haag Belanda dan dibuka Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti A Wesaka Puja, pecan kemarin turut dihadiri Walikota Bitung, Max Lomban bersama Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Khouni Lomban Rawung.

Acara itu bertujuan untuk mempromosikan berbagai potensi Sulut guna mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi serta menarik wisatawan Belanda ke Indonesia, khususnya Sulut.

Dalam acara itu, Wakikota menjadi salah satu pembicara benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memaparkan potensi potensi terbaik Sulut terlebih khusus yang ada di Kota Bitung didepan 100 pelaku bisnis dari berbagai negara Eropa.

“Kalau anda datang ke Kota Bitung, kami akan memberikan kemudahan-kemudahan untuk berinvestasi di Kota Bitung. Kota Bitung juga memiliki sejumlah potensi yang sangat baik untuk dikembangkan, selain sektor pariwisata dengan sejumlah keunggulan seperti spot-spot diving unik, terdapat sejumlah hewan endemik seperti Tarsius yang ada di Tangkoko dan Yaki,” katanya.

Geoposisi Kota Bitung kata dia, sebagai pelabuhan Internasional atau Internasional Hub Port (IHP) menjadi kekuatan bagi Kota Bitung itu sendiri.

“Dari Kota Bitung anda bisa menuju ke hampir seluruh negara di kawasan Pasifik. Sulut merupakan wilayah yang sangat berkembang dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung, Tol Manado-Bitung, kereta api Bitung-Makasar dan ini akan menjadi kekuatan ekonomi kedepan,” katanya.

Sesuai rilis Bagian Humas dan Protokol Pemkot Bitung, usai acara, Walikota katanya langsung ditemui sejumlah palaku bisnis Eropa dan bertanya lebih lanjut tentang kondisi dan potensi Kota Bitung.

“Beberapa diantara mereka langsung menyatakan niatnya untuk berinvestasi, bahkan sudah ada yang menjawalkan kedatangannya ke Kota Bitung untuk menindaklanjuti pembicaraan awal ini. Tentu kami sebagai pemerintah sangat terbuka bagi mereka dan membantu apa saja yang mereka butuhkan untuk menanamkan modal mereka di Kota Bitung,” kata Walikota bersemangat.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia di Polandia, Peter Gontha menyambut baik tawaran dari Walikota dan mendorong agar pelaku usaha di Eropa untuk berinvestasi di kota Bitung.

“Kota Bitung itu sangat strategis untuk berinvestasi karena posisinya yang behadapan langsung dengan samudera Pasifik menjadikan Kota Bitung sebagai kota yang sangat potensial bagi pengembangan ekonomi kawasan regional melalui pelabuhan internasionalnya,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Perwakilan BKPM London, Nurul Ichwan serta Walikota Tomohon, Jimmy Eman.(*/refly)