Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Bupati Dapat Pengakuan Dari Presiden Joko Widodo

×

Bupati Dapat Pengakuan Dari Presiden Joko Widodo

Sebarkan artikel ini

 

manadomanadoterkini.com,BANDA ACEH – Keseriusan Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH membangun sektor pertanian dan mensejahterakan para petani dan nelayan di kabupaten Mitra, mendapatkan pengakuan dari Presiden Joko Widodo, dengan memberikan penghargaan Satya Lencana Pembangunan bidang pertanian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada saat pembukaan Pekan Nasional (Penas) XV Tani dan Nelayan di Banda Aceh, Sabtu(06/05).

Penghargaan yang diberikan tersebut berdasarkan penilaian pemerintah pusat yang menganggap Bupati telah memajukan dan membangun sektor pertanian di Mitra dengan berbagai program kebijakan serta pengalokasian anggaran yang memadai.

Sejumlah program yang dianggap telah berhasil dijalankan yakni pengembangan lahan-lahan pertanian untuk ditanami berbagai komuditi pangan dalam rangka mendukung program swasembada pangan di Mitra. Berhasil melakukan budidaya Salak Pangu yang merupakan salah satu produk unggulan Minahasa Tenggara secara organik di lahan seluas 600 hektare, dan telah diproduksi berbagai macam produk turunannya.

Bupati juga dianggap telah berhasil menyiapkan sarana pendukung, dengan membangun infrastruktur dasar pertanian yang merata di seluruh wilayah kecamatan, seperti pembangunan jalan usaha tani sepanjang 27 kilometer, pembuatan irigasi tersier dengan panjang 17 kilo meter.

Selain itu untuk mendukung produksi pertanian Sumendap berhasil memanfaatkan balai benih padi, menyiapkan sarana produksi pertanian bagi petani serta nelayan, dan alat sistem peranian bagi para kelompok. Untuk menjamin hasil produksi dari para petani dan nelayan, salah satu program strategis yang telah dijalankan Sumendap yakni membangun pasar-pasar di beberapa kecamatan sebagai tempat menjual barang hasil produksi pertanian dan perikanan.

Bupati pun mengakui penghargaan yang diberikan Presiden tersebut secara khusus dipersembahkan kepada rakyat Minahasa Tenggara yang didalamnya adalah masyarakat Petani dan Nelayan. Bupati mengatakan ini semua atas berkat kekompakan pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan roda pemeritahan dan ini membuahkan hasil yang sangat berarti. Selain itu menurutnya pihak Pemkab akan terus berupaya meningkatkan sektor pertanian yang telah menjadi andalan dari Mitra.

“Pastinya dengan penghargaan ini akan lebih memotifasi kita dalam meningkatkan program strategis dengan pengganggaran yang lebih maksimal untuk sektor pertanian, guna mewujudkan rakyat Minahasa Tenggara yang sejahtera,” tandas Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati turut didampingi Asisten II Robby Ngongoloy, Kadis Pertanian Elly Sangian, Kabag Humas Protokol Franky Wowor, Ketua KTNA Minahasa Tenggara Agus Mawu, dan Ketua DPRD Tavif Watuseke. (Jay)