Minggu, 31 Mei 2020

Kejati Sulut Langsung Sosialisasi Anti Korupsi di Manado

 

kejatimanadoterkini.com, MANADO – Kepala Kejati Sulut Mangihut Sinaga SH MH dalam membawakan materi mengatakan kejadian tindak korupsi diakibatkan oleh beberapa hal.

Diantaranya oleh keterlibatan PPK, PPTK, pengguna anggaran, serta staf. Yang mana, meskipun pengguna anggaran dan PPK lebih dominan dalam tindak pidana korupsi, tapi staf juga berperan penting dalam terjadi aksi korupsi.

“Siapa sangka, keterlibatan staf dalam aksi korupsi juga sering terjadi. Kondisinya bisa berupa pembocoran informasi nilai proyek, kelemahan proyek yang sulit ditemukan tindak pidana korupsi, dan beberapa hal lain yang jelas menguntungkan para kontraktor atau pemohon dalam pelelangan proyek. Sebab itu, rata-rata kejadian korupsi hampir melibatkan semua jajaran di Pemerintahan, mulai dari staf hingga pihak penggunaan anggaran,” ungkap Sinaga.

Tambahnya, kebanyakan orang yang terlibat korupsi pasti tergiur untuk melakukannya lagi, tanpa memandang nilai suatu proyek. Sebab itu, demi meminimalisir aksi tersebut, beberapa hal harus secepatnya diselesaikan. Misalnya, melalui beberapa penanganan yang teknisnya membuat pelaku bisa ditindaklanjuti secara profesional dan tepat. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*