Selasa, 2 Juni 2020

Pimpin Apel Harkitnas ke-109, Bupati Minsel Seruhkan Indonesia Damai

Tetty Paruntu

Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE memimpin langsung Apel dalam rangka hari kebangkitan nasional

manadoterkini.com, AMURANG – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, Senin (22/5/207) memimpin langsung Apel Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 109 di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang.

Dalam Apel Harkitnas ini Bupati membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI dengan Tema “Peringatan Kebangkitan Nasional Tahun 2017 Ini Adalah Pesan Yang Tepat dan Seyogya Tidak Hanya Tertanam di Hati, Namun Juga Segera Diwujudkan Melalui Strategi, Kebijakan, dan Implementasi Dalam Pelayanan Kita Kepada Masyrakat dan Bqngsa”.

Menurutnya, momentum Harkitnas ke-109 yang diperingati ini maka bangkit dan merdeka Kabupaten Minsel yang sudah berusia 14 tahun. Dengan usia 14 tahun ini sudah banyak kemajuan dan perubahan yang telah di rasakan hari ini.

“Dihari Harkitnas ini masyarakat dapat merenung kembali proses perjalanan Bangsa Indonesia yang pernuh dinamika, ketika berkali-kali mendapatkan gangguan, tantangan, hambatan bahkan ancaman yang datang baik dari luar maupun dari dalam, Indonesia tetap berdiri dengan kokoh dan persatuan,” ujar Bupati dalam Irupnya.

Harkitnas ini dilihat dengan usia 14 tahun Minsel. Sudah pencapaian keberhasilan yang sangat baik, hanya lagi di menjalin persatuan dan kekompakan di masyarakat, demi kedamaian.

“Termasuk keamanan yang terus di bangun, sehingga pembangunan yang di bangun berjalan dengan aman, lancar dan damai,” ujarnya.

Jika Kabupaten Minsel terbangun dengan baik diusia 14 ini, maka secara tidak langsung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) juga terbangun. “Begitu juga dengan pusat terbangun dengan baik. Apakah sudah sempurna pencapaian yang diraih saat ini,” ungkap Bupati.

Lanjut Dia nilai-nilai yang terkandung di dalam memperingati Harkitnas merupakan akumulasi dari rangkaian kebangsaan yang telah dirintis oleh para pejuang terdahulu selama ini.

“Tentunya sebagai generasi penerus perjuangan bangsa saat ini, kita tidak boleh lengah dan lupa akan makna hakiki nilai kebangsaan tersebut. Khususnya menyikapi dan menghadapi era perubahan dan kemajuan secara terus menerus akan terjadi, karena itulah kita mengingat kembali sebagai suatu peristiwa yang bermakna dan refleksikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sesungguhnya merupakan pelajaran berharga bagi kita semua,”tukasnya.

Lanjut Bupati lagi, di beberapa hal pokok yang diinggat diantaranya membangun kepercayaan masyarakat dan menumbuhkembangkan serta memfasilitasi kemitraan pemerintah dan masyarakat.

“Maka seluruh jajaran pemerintahan beserta masyarakat untuk menjadikan peringatan Harkitnas ini sebagai rujukan inspirasi dan jendela solusi dalam bernegara dan berbangsa untuk menjawab tantangan dan hambatan dalam menuju cita-cita indonesia sesuai harapan dari pejuang yang terdahulu,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*