Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Untuk Kemajuan Pembangunan, Balitbang Harus Tingkatkan Research and Development

×

Untuk Kemajuan Pembangunan, Balitbang Harus Tingkatkan Research and Development

Sebarkan artikel ini

 

manadoterkini.com, SULUT – Kemajuan Sulawesi Utara diberbagai bidang dapat dicapai jika melibatkan penelitian dan pengembangan (litbang) didalamnya.

sulutHal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey SE dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), dr Jemmy J R Lampus MKes dalam Rapat Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Daerah yang dilaksanakan di Hotel Sahid Kawanua Manado, Selasa (18/07/2017) siang tadi.

“Untuk menjadi maju, kita dituntut dan diharuskan agar meningkatkan program research and development, karena dari sinilah kemajuan itu berawal,” katanya.

Menurut Gubernur Olly, kemajuan itulah yang nantinya meningkatkan daya saing dengan negara lain.

“Penelitian, pengembangan,dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempercepat pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional,” ujarnya.

sulutOleh karenanya, Gubernur Olly meminta instansi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah mampu menjalankan tugas-tugas kelitbangan utama.

“Penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian dan evaluasi kebijakan,” imbunya.

Lebih jauh, Dia optimis peranan kelitbangan dalam pencapaian program prioritas daerah bakal semakin optimal jika semua prosedur dijalankan sebagaimana mestinya.

“Saya menyakini bahwa dengan melakukan upaya dan langkah-langkah tersebut, peranan dan kedudukan Kelitbangan, akan menjadi solusi bagi setiap tantangan dan permasalahan yang kita hadapi dalam merealisasikan program prioritas daerah. Badan Litbang harus menjadi motor dalam memberikan jalan keluar bagi setiap kebuntuan pembangunan daerah,” paparnya.(alfa)