Generasi Muda Diminta Agar Tetap Menjaga Budaya Asli Mitra

mitramanadoterkini.com, RATAHAN – Generasi muda Minahasa Tenggara (Mitra), diminta untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya di tiga entnis yang ada di Mitra.Hal ini dikatakan Welly Munaiseche kadis PU Mitra saat mewakili bupati membuka kegiatan lomba koor antar desa yang diselenggarakan oleh PK KNPI Silian Raya di Desa Silian.

“Generasi muda harus menggali budaya yang ada, jangan sampai hilang terkikis oleh perkembangan teknologi.Suatu daerah bisa sangat maju jika memiliki budaya, karena budaya bisa menjadi daya tarik untuk dunia pariwisata,” ungkap Munaiseche.

Lanjut Munaiseche, bercermin dari daerah lain yang sangat menghargai budaya dan menjadikan budaya sebagai daya tarik untuk wisatawan.

”Tentunya ini semua akan berdampak pada peningktan ekonomi masyarakat Mitra khususnya,” kata Munaiseche.

Dia berharap bukan hanya koor gaya yang dipertahankan tetapi seluruh budaya yang ada di tanah Mitra tetap dijaga dan dipertahankan.

Munaiseche manyampaikan atas nama Bupati Mitra James Sumendap SH memberikan apresiasi bagi para pengurus KNPI Silian Raya yang terus berusaha mempertahankan budaya suku tonsawang. “Diharapkan ini bisa merebak diseluruh generasi muda Mitra,” ungkapnya.

Sementara itu ketua KNPI Silian Raya Ruland Sandag didampingi ketua panitia King Watania mengatakan, tujuan diselenggarakannya lomba koor gaya guna terus memperkenalkan budaya yang dimiliki sehingga kelestarian budaya bisa tetap terjaga.

“Kami sengaja membuat kegiatan ini agar kami bisa menjadi bagian dalam menjaga dan melestarikan budaya yang kami miliki,” ucap sandag. (Jay)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.