Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemprov Klaim Produk Minyak Kelapa Sulut Yang Terbaik

×

Pemprov Klaim Produk Minyak Kelapa Sulut Yang Terbaik

Sebarkan artikel ini

 

manadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengklaim bahwa kualitas kelapa di Sulut adalah salah satu komoditi export terbaik.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Kepala Dinas Perkebunan Refli Ngantung, Selasa (20/3/2018).

Refli Ngantung sebagaimana dikutip Kepala Bagian Humas Pemprov Sulut Christian Iroth, SSTP kepada wartawan menanggapi berbagai isu bahwa produk minyak kelapa Provinsi Sulut memiliki kualitas jauh dibawah minyak sawit, sehingga membuat harga kelapa anjlok.

Oleh karena itu pemerintah Provinsi Sulut memberikan keterangan bahwa kualitas kelapa Sulut adalah salah satu komoditi export terbaik.

“Hampir semua komoditi perkebunan di Sulut yaitu kelapa adalah komoditi export, namun harga komoditi tersebut sangat tergantung pada mekanisme pasar dunia, yakni hukum permintaan dan penawaran,” jelas Refli Ngantung.

Refli Ngantung menambahkan, produksi kelapa Sulut tidak hanya difokuskan pada minyak saja misalnya bentuk batok kelapa atau bentuk kopra, tetapi bisa diolah menjadi minyak kelapa, VCO, arang tempurung, sabut kelapa serta air kelapa di proses menjadi minuman segar serta produk turunan lainnya yang memiliki daya saing.

Disamping itu revitalisasi industri yang menggunakan bahan baku kelapa diproses menghasilkan produk jadi (bukan setengah jadi) serta aneka produk turunan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi (ehingga posisi tawar kelapa akan meningkat).

“Pemprov Sulut juga melakukan promosi bahwa minyak goreng kelapa jauh lebih sehat dari pada minyak goreng sawit,” ujar Refli Ngantung.

Lanjut Refli petani Sulut juga memanfaatkan lahan diantara pohon kelapa dengan tanaman Pangan atau hortikultura yang mempunyai daya saing sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.

“Mensukseskan hal tersebut, pemerintah melaksanakan kebijakan dengan memberikan bantuan alat pengolah minyak goreng kepada  kelompok tani, memberikan alat pengolah VCO dan kedepan akan diupayakan memberikan bantuan alat  pengolahan kelapa terpadu berskala gabungan bagi kelompok tani di Sulut. (*/Rizath)