Jum'at, 29 Mei 2020

Populi Center: Pasangan R3D Menang Pilkada Minahasa

 

manadomanadoterkini.com, SULUT – Wakil Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sulaweai Utara (Sulut) Steven Kandouw, Rabu (20/6/2018) memaparkan hasil survei Pilkada Kabupaten Minahasa yang dilakukan oleh lembaga survei Populi Center kepada wartawan melalui WhatsApp (WA).

Dalam hasil Survei tersebut menunjukan pasangan (calon Bupati) Royke Oktavian Roring – (Wakil Bupati) Robby Dondokambey (R3D) yang diusung PDI-P dan koalisinya berhasil memenangkan Pilkada Minahasa lewat simulasi keras suara.

Dalam simulasi yang dilakukan Populi Center pasangan Royke Oktavian Roring – Robby Dondokambey meraih 64.8 persen suara dan berhasil mengalahkan pasangan calon kepala daerah lainnya yakni Ivan Sarundajang – Careig Naichel Runtu yang diusung Partai Golkar dan koalisinya yang hanya meraih 29.5 persen suara.

Data Populi Center menunjukan hasil yan diraih pasangan R3D mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil survei Bulan Mei 2018 yang mencapai 52.0 persen suara. Sementara pasangan Ivansa-CNR sendiri meski menunjukan peningkatan dari 28.2 persen pada Bulan Mei, namun tidak signifikan dibanding pasangan R3D.

Sementara hasil survei pada tingkat pemantapan pilihan, terdapat peningkatan pada responden yang sudah mantap dengan pilihannya, yaitu dari 77.5 persen pada Bulan Mei 2018 menjadi 82 persen pada Bulan Juni 2018.

Sementara pemilih yang masih mungkin berubah dengan pilihannya turun dari angka 13.3 persen di bulan sebelumnya menjadi 7.7 di bulan ini.

Hal ini menunjukan pilihan pemilih sudah relatif tidak berubah, meskipun terdapat responden yang menjawab tidak tahu sebesar 4.7 persen. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*