Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Tingkatkan SDM, Puluhan ASN di Minsel Ikut Diklat Pim III

×

Tingkatkan SDM, Puluhan ASN di Minsel Ikut Diklat Pim III

Sebarkan artikel ini

minselmanadoterkini.com, AMURANG – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara ASN (ASN) tampaknya menjadi salah satu prioritas Bupati Minahasa Selatan (Minsel) DR (HC) Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wabup Franky Donny Wongkar SH, di tahun 2018 ini.

Hal itu, terlihat dari keseriusannya mengirim puluhan pejabat struktural untuk mengikuti Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim).

Para pejabat yang dikirim mengikuti peningkatan kopetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) itu, merupakan pejabat struktural Eselon III dan Eselon IV.

“Ada 23 pejabat kita yang akan mengikuti diklat kepemimpinan dalam tahun ini. Dananyapun telah kita anggarkan,” ujar Bupati melalui Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi kepada manadoterkini.com Senin (20/8).

Menurut dia, pengiriman para pejabat struktural mengikuti Diklatpim tersebut, sebagai bentuk keseriusan Bupati dan Wabup untuk peningkatkan SDM, dan kopetensi ASN dalam mengemban sebuah jabatan.

Diakuinya SDM pada ASN, yang dimiliki Pemkab Minsel terbilang rendah. Sehingga perlu adanya upaya serius dalam penguatan sumberdaya, melalui peningkatan kopetensi pejabat.

“Selain lakukan Diklat untuk pejabat struktural, Pemkab Minsel juga akan melaksanakan diklat tehnis fungsional kapada para staf di satuan kerja masing-masing,” katanya.

Untuk itu, diharapkan para pejabat peserta Diklat kepemimpinan, dapat menyerap ilmu pengetahuan sesuai tingkatannya. Seperti pejabat Eselon meliputi Pejabat Eselon III pejabat Asministrator dan pejabat Eselon IV setara dengan pejabat pengawas.

“Dengan ilmu dan kopetensi yang mereka peroleh dalam Diklat tersebut, nantinya akan berdampak positif. Roda pemerintahan berjalan baik, ditopang kopetensi yang mumpuni dibidangnya,” imbuhnya.

Terpisah Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minsel Drs Roy F Tiwa menjelaskan, ada sebanyak 23 ASN yang mengikuti Diklatpim pada 2018 ini.

Mereka merupakan pejabat struktural di Pemkab Minsel.

“saat ini tengah mengikuti Diklatpim III di Bapelkes Manado, dan akan mengikuti diklat selama tiga bulan,” tambahnya.(dav)